Sukses

Kampung Tertua Paniai Papua Nikmati BBM Satu Harga

 

Liputan6.com, Jayapura - Kampung Obano, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua akhirnya bisa menikmati Bahan Bakar Minyak (BBM) murah setelah program BBM Satu Harga menyasar ke kampung tersebut. 

Selama puluhan tahun, kampung yang terletak di pesisir Danau Paniai ini selalu menikmati harga Premium hingga Rp 25 ribu per liter. Dengan dibangunnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak oleh PT Pertamina (Persero), harga Premium di Kampung Obano sama dengan daerah lain yaitu Rp 6.450 per liter.

Kampung Obano ditempuh dengan menggunakan transportasi laut. Untuk bisa menginjakkan kaki di kampung tersebut harus menggunakan kapal cepat melewati Danau Paniai, dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam.

Untuk kegiatan setiap hari, masyarakat Kampung Obano selalu menyinggahi Dermaga Danau Paniai, sebagai tempat transit ke Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai.

"Suplai BBM ke Kampung Obano dilakukan dengan jalan darat sekitar 10 jam atau 305 kilometer dari Depo Nabire. Tidak bisa dilakukan dengan jalur laut, karena tak ada transportasi untuk pengangkut BBM," kata Retail Fuel Marketing Manager Pertamina Region 8 Maluku Papua, Zibali Hisbul, seperti ditulis Rabu (10/5/2017).

Pertamina mendata masih ada sembilan Kabupaten lainnya yang akan segera dihadirkan SPBU Kompak, antara lain Kabupaten Waropen, Supiori, Jayawijaya, Boven Digoel, Keerom, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Yalimo.

"Proses pemetaan hingga realisasi BBM Satu Harga di suatu wilayah, memerlukan waktu karena setelah lokasi ditetapkan, Pertamina juga harus melakukan survei transportasi BBM, proaktif menggandeng investor lokal, pembangunan infrastruktur hingga akhirnya SPBU wilayah yang menjadi sasaran BBM Satu Harga beroperasi," kata Zibali.

Sementara itu Asisten 1 Bupati Paniai, Yohosua Ria mengklaim Distrik Paniai Barat merupakan daerah terpencil dan tertua di Kabupaten Paniai. Dengan adanya SPBU Kompak di distrik tersebut, dapat meringankan beban masyarakat yang selama ini kesulitan dalam membeli BBM.

Kampung Obano merupakan SPBU  ketiga yang telah diresmikan dari 25 SPBU lainnya pada tahun ini di Papua.