Sukses

Wapres JK: Program BBM Satu Harga agar Ada Keadilan Nasional

Wapres JK mengatakan, program BBM satu harga hanya untuk Premium dan Solar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengamanatkan untuk menyamaratakan harga bahan bakar minyak (BBM) atau disebut program BBM satu harga, di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini sudah dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

Namun, akibatnya, perusahaan tersebut harus menanggung biaya distribusi yang mencapai Rp 2 triliun per tahun.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK, mengatakan, harga BBM yang disamakan hanya Premium dan Solar, karena termasuk yang bersubsidi. Hal ini dilakukan untuk keadilan nasional.

"Supaya ada keadilan nasional, maka di manapun itu, harga BBM akan disatukan, khususnya yang harga BBM subsidi, seperti Premium atau Solar. Yang lain-lainnya tidak bersubsidi. Jadi berbeda-beda," kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Dia memberi sinyal, soal beban yang ditanggung Pertamina tersebut, akan dibantu dan ditambah oleh pemerintah.

"Karena itu, pemerintah harus meningkatkan subsidi. Artinya, karena kebutuhannya tidak terlalu besar, maka ya pemerintah demi keadilan akan menjalankan itu," tegas JK.

Dia menuturkan, program tersebut sudah dijalankan. Selain itu, program BBM satu harga memberi banyak manfaat.

"Memang selama ini sebagian besar satu harga, terkecuali daerah yang cukup sulit. Seperti Papua, harus pakai pesawat udara, macam-macam. Jadi ongkosnya tinggi. Sehingga juga harganya berbeda," kata JK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.