Sukses

Ini Alasan Pahala Mansury Ditunjuk Pimpin Garuda Indonesia

Penunjukan Pahala Mansury disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Garuda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggantikan Arif Wibowo. Penunjukan itu juga telah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) yang berlangsung pada hari ini.

Deputi Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo‎ mengungkapkan alasan pergantian. Dia mengatakan ini karena pemegang saham menginginkan maskapai plat merah tersebut lebih cepat bertransformasi baik dari sisi keuangan dan operasional.

"Kita ingin integrasikan bisnis Garuda Indonesia dan seluruh anak usahanya. Tugas Pak Pahala mentranformasi finansial dan operasional," kata Gatot di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang, Banten, Rabu (12/4/2017).

‎Dia mengungkapkan selama kepemimpinan Arif Wibowo transformasi yang dimaksudkan memang sudah dan tengah dilakukan, hanya saja dianggap kurang cepat.

Gatot menilai selama ini integrasi Garuda Indonesia dengan anak usahanya masih kurang. Hal itu terlihat dari belum sinerginya sistem Garuda Indonesia dengan Citilink, padahal keduanya sebagai maskapai.

Pengalaman Pahala Mansury di bidang perbankan, diharapkan Gatot bisa mempercepat transformasi keuangan perusahaan. Seperti diketahui, kinerja Garuda Indonesia pada tahun lalu tak begitu bagus.

"Termasuk nanti bisa dipercepat renegosiasi dengan para lessornya agar Garuda Indonesia ini akselerasinya semakin cepat. Karena industri maskapai itu persaingannya sangat ketat," tegas Gatot.

"Selain itu Garuda Indonesia kemarin kan juga ikut Tax Amnesty, ada sedikit pengaruh di financial-nya, jadi diharapkan dengan adanya Pak Pahala para kreditor bisa tetap stay," Gatot menandaskan. (Yas/nrm)

[vidio:]()

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.