Sukses

Alipay Rajai Pasar Pembiayaan Mobile di China

Alipay punya 450 juta pengguna aktif dan menjalankan transaksi 170 juta kali per hari.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan layanan pembayaran mobile milik salah satu orang terkaya China, Jack Ma, Alipay jadi perusahaan pembayaran online pihak ketiga terbesar di Negeri Tirai Bambu.

Alipay, yang merupakan sistem pembayaran utama di situs e-commerce, Alibaba masih menjadi yang terbesar di China dengan pangsa pasar mencapai 54,1 persen di kuartal 4 2016. Alipay dibuntuti rival utamanya, Tenpay yang jadi andalan pembayaran situs Tencent dengan pangsa pasar 37,02 persen.

Menurut laporan yang dilansir dari technode, Rabu (12/4/2017), transaksi layanan pembayaran mobile pihak ketiga di China mencapai 12,8 triliun RMB di kuartal 4-2016. Angka itu naik sebesar 41,7 persen dibanding kuartal sebelumnya (quarter to quarter) dan naik 126 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Alipay dan Tenpay menjadi raksasa layanan pembayaran online di China, sementara penyedia layanan yang sama di luar keduanya hanya punya pangsa pasar kurang dari 10 persen

Berkembangnya tren belanja masyarakat ke online membuat bisnis dan valuasi pasar layanan pembayaran online atau mobile pun meraup untung. Termasuk Alipay yang pada akhirnya berkontribusi pada induk usahanya, Ant Financial.

Technews pada September tahun lalu melaporkan, melonjaknya bisnis Alipay membuat perusahaan Ant Financial punya valuasi pasar US$ 75 miliar dolar dan melampaui Goldman Sachs Group Inc.

Kepala Riset Internet dan Telekom di CLSA Hong Kong Elinor Leung menjelaskan skenario dalam hal penilaian Ant Financial. Valuasi ini dianggap wajar sejak Juni 2016, saat nilai perusahaan milik Jack Ma ini mencapai US$ 60 miliar.

Analis ini berpendapat bahwa yang paling berkontribusi pada Ant Financial adalah Alipay. Sebagai bukti, Alipay adalah penyedia layanan pembayaran terbesar di China. Nilainya diperkirakan mencapai US$ 50 miliar tahun lalu.

"Alipay punya kepemimpinan yang kuat dalam ekosistem pembayaran online," ujar Leung.

"Alipay bukan hanya untuk pembayaran. Tapi juga sebagai distributor besar untuk produk Ant Financial yang lain," tambahnya.

Dilaporkan CNBC, Alipay punya 450 juta pengguna aktif dan menjalankan transaksi 170 juta kali per hari.

Sebagai informasi, hari ini, Ant Financial menjalankan kerja sama strategis dengan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dalam hal penyediaan layanan pembayaran mobile.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini