Sukses

Bangun Gistet Duri Kosambi, PLN Perkuat Pasokan Listrik Jakarta

PLN menyatakan saat ini beban puncak pada sistem kelistrikan Jakarta-Banten hingga 10.065 MW yang ditopang 10 gitet 500 kV.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meningkatkan kehandalan pasokan listrik wilayah Jakarta dan Banten dengan memulai pembangunan Gas Insulated Switchgear Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Duri Kosambi di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Direktur Regional Jawa Bagian Barat (DIRREG JBB), Murtaqi Syamsuddin mengatakan,‎ beban puncak pada sistem kelistrikan Jakarta-Banten dan sekitarnya sampai dengan saat ini telah mencapai 10.065 Mega Watt (MW) yang ditopang oleh 10 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV, Gardu Induk (GI) 150 kV dan 70 kV, sebagian besar sudah dibebani di atas 80 persen.

"Pertumbuhan beban yang tinggi dikarenakan pembangunan infrastruktur, penambahan gedung-gedung perkantoran, kompleks perumahan, kawasan industri, dan lain-lain membutuhkan tambahan pasokan listrik," kata ‎Murtaqi, di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Murtaqi menuturkan, untuk menjaga pasokan listrik tetap handal, maka PLN melakukan pembangunan jaringan distribusi tambahan di antaranya GISTET 500 kV Duri Kosambi.

Ini merupakan bagian dari pembangunan 7 GITET yang akan memperkuat sistem kelistrikan Jakarta dan sekitarnya, yaitu GITET Kembangan, GITET Lengkong, GITET Muara Karang, GITET Priok, GITET Muara Tawar, dan GITET Tambun yang dikenal dengan nama Proyek Jaringan 500 kV Looping Jakarta, yang mampu menyediakan tambahan kebutuhan energi listrik dan memperkuat sistem kelistrikan dengan mutu dan keandalan yang baik bagi pelanggan listrik di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Pembangunan GISTET ini merupakan satu rangkaian pembangunan proyek jaringan 500 kV looping Jakarta pada Oktober yang telah dilaksanakan groundbreaking GITET Lengkong.

Pada Februari, direncanakan pelaksanaan groundbreaking GISTET Tambun, dan akan menyusul pula groundbreaking-groundbreaking GITET selanjutnya.

Infrastruktur GISTET 500 kV Duri Kosambi menggunakan teknologi isolasi gas sulphurhexaflouride (SF6) dimana lahan yang digunakan lebih efisien dibandingkan Gardu Induk Konvensional. Dibangun di atas tanah seluas ± 20 ribu meter persegi, GISTET 500 kV Duri Kosambi ditargetkan selesai pada tahun 2018.

GISTET ini terdiri dari dua Interbus Transformer (IBT)  sebesar 500 MVA sehingga total kapasitas seluruhnya adalah 1.000 MVA. Kontrak Pembangunan GISTET 500 kV Duri Kosambi telah ditandatangani pada 21 Desember 2016 dengan menggunakan pendanaan yang berasal dari anggaran PT PLN (Persero).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.