Sukses

4 Maskapai Gratiskan Pengiriman Bantuan Bagi Korban Gempa Aceh

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 4 maskapai penerbangan akan membebaskan biaya (gratis) pengiriman bantuan sosial maupun tim relawan untuk membantu korban bencana gempa di Aceh. Keempat maskapai itu antara lain Air Asia, Lion Air, Tri-MG Asia Airlines, dan Sriwijaya Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suprasetyo mengatakan, dua maskapai yakni Air Asia dan Sriwijaya menyatakan kesiapan untuk memberikan bantuan.

Sementara Tri-MG bersedia menyediakan pesawat kargo untuk mengangkut bantuan ke Aceh. Bahkan Lion Air sudah mengangkut personel atau tim relawan ke Aceh.

"Jadi sudah ada 4 maskapai. Diharapkan maskapai yang lain ikut memberikan bantuan, karena belum saya hubungi saja," ujar Suprasetyo usai Rakor KPPIP di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Menurutnya, Tri-MG, Air Asia, dan Sriwijaya Air akan mulai terbang mengangkut bantuan sosial dari berbagai elemen masyarakat pada Jumat besok (9/12/2016). Sementara Lion Air sudah terlebih dulu mengirimkan bantuan bagi korban gempa di Aceh.

"Besok sudah start. Tri-MG sudah siapkan pesawat kargo, Sriwijaya Air baru besok malam berangkat sehingga tidak mengganggu jadwal penerbangan reguler. Jadi nanti bantuan sosial dikumpulkan di posko, lalu diangkut ke Aceh termasuk relawan, tim medis," jelas dia.

Suprasetyo mengatakan, kapasitas bantuan akan disesuaikan dengan kapasitas pesawat yang dipakai. Misalkan bila memakai pesawat Boeing 737, maka kargo yang bisa terangkut mencapai 15 ton.

"Yang pasti nanti saya minta maskapai bergilir kirimkan bantuan ke Aceh, jadi semua rata bisa memberi bantuan," tuturnya.

Terkait maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang belum ikut andil dalam pemberian bantuan ini, Suprasetyo menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Itu tugasnya BUMN yang minta," pungkas dia. (Fik/Nrm)