Sukses

Pemerintah Rusia Minta Perusahaan Minyak Kurangi Produksi

Rusia akan memangkas produksi minyak 300 ribu barel per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Rusia Alexander Novak meminta perusahaan minyak nasional untuk memangkas produksi setelah menyatakan pihaknya siap mengurangi produksi minyak sebanyak 300 ribu barel per hari pada 2017.

"Idenya adalah ini perlu diterapkan kepada semua orang dengan proporsi sama," ujar Novak, seperti dikutip dari laman Antara, seperti ditulis Jumat (2/12/2016).

"Saya rasa semua perusahaan kita akan berpartisipasi," tambah dia.

Ia juga menekankan, detil perjanjian tersebut itu masih akan didiskusikan. Usai alami perbedaan pendapat selama berbulan-bulan, negara-negara anggota OPEC mengesahkan perjanjian untuk memangkas produksi minyak pertama kalinya dalam delapan tahun.

Rusia, non anggota OPEC mengatakan pihaknya siap memotong produksi minyak mentah sebanyak 300 ribu barel sehari di paruh pertama 2017 sebagai upaya menaikkan harga.

Novak menuturkan, Rusia akan mulai mengurangi produksi ke level "November-Desember" yaitu pada 11,2 juta barel per hari. Dengan memangkas 300 ribu barel per hari, Rusia akan memproduksi sekitar 10,9 juta barel per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini