Sukses

Gelar Pameran, RI Tawarkan 350 Proyek ke Ribuan Calon Investor

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyelengarakan pameran infrastruktur, terdiri dari ASEAN G28 Infrastructure Investment Forum dan Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2016. Dalam event tersebut, ada 350 proyek infrastruktur strategis yang akan ditawarkan kepada ribuan calon investor dari 35 negara.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengungkapkan, Indonesia membutuhkan pendanaan infrastruktur sebesar Rp 5.500 triliun dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Sayangnya, hanya sepertiga yang dapat dipenuhi dari APBN dan APBD, sehingga butuh partisipasi pendanaan dari BUMN maupun swasta.

"Ada 350 proyek yang ditawarkan dan akan di-display di pameran infrastruktur," ujar Rosan saat Konferensi Pers di kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Proyek strategis tersebut, lanjutnya, akan ditawarkan pada 18 ribu pengunjung atau calon investor yang sudah teregistrasi hadir di acara tersebut. Jumlah ini terus bertambah dari sebelumnya yang masih tercatat sebanyak 16 ribu orang.

"Tahun lalu yang terdaftar hanya 12 ribu pengunjung. Tapi untuk pameran infrastruktur tahun ini sudah ada 18 ribu pengunjung dari sebelumnya masih 16 ribu orang," Rosan menerangkan.

Adapun 350 proyek infrastuktur yang dipamerkan baik untuk mendukung infrastruktur dalam negeri maupun konektivitas ASEAN, diantaranya :

1. proyek RoRo Bitung-Davos, Indonesia-Filipina
2. proyek Pelabuhan Kuala Tanjung
3. percepatan pembangunan infrastruktur kelistrikan program 35 ribu Mw
4. proyek Soekarno-Hatta Railway
5. proyek Kereta cepat Jakarta-Surbaya
6. proyek Bandara Internasional Kertajati
7. proyek Laos Road Nomor 3 (ASEAN Highway No.3) Laos
8. proyek jalan tol Yogyakarta-Solo
9. proyek jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang
10. dan lainnya.

"Investor dari luar banyak sekali yang mau masuk, tapi kebanyakan mereka minta proyek yang tidak terlalu greenfield, artinya sudah jadi," kata Rosan.

ASEAN G28 Infrastructure Investment Forum akan berlangsung di Hotel Shangri-La pada 8 November 2016.

Sedangkan pelaksanaan  Indonesia Infrastructure Week (IIW) di Jakarta Convention Center pada 9-11 November 2016. Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Fik/Gdn)