Sukses

Terminal Baru Bandara Supadio Ditarget Beroperasi Desember 2016

Proyek pengembangan Bandara Supadio dibagi menjadi 4 tahap, di mana kontrak terakhir akan selesai di Juli 2017.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II menargetkan operasional terminal baru Bandara Supadio di Pontianak Kalimantan Barat berlangsung pada akhir tahun ini. Saat ini sejumlah pekerjaan tengah dikebut.

Proyek pengembangan ini dibagi menjadi 4 tahap, di mana kontrak terakhir akan selesai di Juli 2017. Meski begitu, soft opening terminal baru ini ditargetkan bisa berlangsung pada akhir Desember 2016.

"Kita ada target di bulan Desember soft opening atau awal Januari. Kita upayakan dari 3 bulan ini pekerjaan mendukung operasional. Minimal operasi lah," tutur Chief Airport Project Management Unit Chuanda di Bandara Supadio, Kalimantan Barat, Rabu (5/10/2016).

Dia mengatakan, beberapa pekerjaan penyelesaian proyek tengah dilakukan. Meski bisa beroperasi pada akhir Desember, bukan berarti seluruh pekerjaan telah selesai.

Menurut dia, masih ada pekerjaan lain yang dilakukan seperti pengembangan interior bandara yang akan tengah dalam proses persiapan lelang.

"Mudah-mudahan pekan ketiga Oktober sudah masuk pekerjaan fisik," tuturnya.

Dia menargetkan, jika pekerjaan seluruhnya telah selesai, terminal baru yang menelan investasi sekitar Rp 450 miliar ini akan selesai di‎ 2017.  "Full operasinya April 2017," tambah dia.

Dia merinci, jika telah beroperasi, bandara ini akan menampung 3,8 juta penumpang per tahun dengan luas 32 ribu meter persegi.

Sementara sebelum dikembangkan, luas terminal ini hanya mampu menampung 700 ribu penumpang per tahun dengan luas 6.900 meter persegi. (Zul/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.