Sukses

Gaikindo Minta Pertamina Keluarkan BBM Standar Euro 4

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mendesak PT Pertamina untuk mengeluarkan bahan bakar Euro 4.

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mendesak PT Pertamina untuk mengeluarkan bahan bakar Euro 4. Pasalnya, produsen kendaraan tersebut akan mengeluarkan mesin standar Euro 4.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, Pertamina telah melakukan rapat dengan Gaikindo dan pemerintah di bawah kordinasi kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membahas bahan bakar Euro 4.

"Hasil pembicaraan kantor Menko Ekonomi, karena menyangkut perindustrian pengennya menghasilkan mesin mobil Euro 4 untuk dieskpor dan juga bisa dipakai dalam negeri‎," kata Bambang, di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Bambang melanjutkan, penerapan standar Euro 4 tersebut masih terus didiskusikan antar pemangku kepentingan, awalnya akan diterapkan pada BBM jenis gasoline atau bensin, untuk waktu penerapanya diperkirakan akhir 2018 atau awal 2019.

"Kemarin sepakat gasoline mulainya kapan, nah itu belum putus tuh antara 2018 akhir dengan 2019 awal," tutur ‎Bambang.

M‎enurut Bambang, Pertamina dalam memasarkan BBM non subsidi secara tidak langsung telah membiasakan masyarakat menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik yang akan menunjang pemberlakuan standar Euro 4, di samping mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

"Di sisi produk-produk inovasi untuk menunjang, tujuan pertama adalah mengurangi subsidi, dalam rangka membangun pemerintah mengurangi subsidi menyiapkan masyarakat adaptasi dalam produk BBM yang lebih baik untuk menghadapi Euro 4. Kami bertahap ke Pertalite dulu," tutup Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini