Sukses

Ini yang Mesti Dilakukan Saat Mobil Dibobol Maling

Sudah pasti Anda akan mengalami kepanikan ketika mengetahui mobil kesayangan dibobol maling.

Liputan6.com, Jakarta Sudah pasti Anda akan mengalami kepanikan ketika mengetahui mobil kesayangan dibobol maling. Sayangnya, kepanikan tersebut malah membuat masalah tidak terselesaikan dengan baik, dan membuat keadaan semakin memburuk.

Lalu, apa hal yang harus dilakukan jika seandainya Anda menjadi korban pencurian mobil? Simak saja ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Periksa lagi semua barang

Langkah ini mesti dilakukan pertama kali. Saat mendapatkan mobil dibobol maling, periksa semua barang yang ada di mobil. Jika meninggalkan tas, handphone, dompet, dan barang berharga lain, maka periksa dengan seksama.

 

Ketika tahu dompetmu hilang, Anda pun bisa dengan segera lakukan pemblokiran kartu kredit dan kartu debit yang bisa saja nantinya disalahgunakan. Kemudian buatlah daftar yang rinci untuk membuat laporan ke kepolisian.

Buat laporan kepolisian

Segela melapor ke polisi. Ya, langkah ini bertujuan untuk menangkap pelaku dan menggiringnya ke pengadilan. Laporan ini juga berguna ketika kamu ingin melakukan klaim asuransi dan untuk mengurus identitas serta surat-surat penting yang hilang dalam pembobolan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan investigasi

Lakukan investigasi sendiri

Cara ini bukan maksudnya Anda tidak percaya pada pihak kepolisian. Namun alangkah lebih baik Anda pun ikut bertanya kesana kemari dengan mendapatkan keterangan. Namun Anda pun mesti selalu minta perkembangan kasus pada polisi.

Parkir kendaraan Anda di tempat yang lebih aman

Berhubung mobil kamu dibobol maling, biasanya pintu atau kaca menjadi bagian yang mengalami kerusakan. Entah kacanya pecah, atau pintu rusak.

aka dari itu, untuk sementara sebelum mobil direparasi coba cari tempat parkir yang lebih aman. Lebih baik lagi kalau tempat parkir di dalam garasi rumah sehingga semuanya dapat dikontrol dengan baik.

Hubungi pihak asuransi

Langkah kelima adalah melapor kepada pihak asuransi. Jelaskan kejadian pembobolan tersebut dengan detil, berikan bukti-bukti dan laporan dari kepolisian.

Lalu, ajukan klaim atas barang-barang yang hilang dan kerusakan pada mobil kesayanganmu. Jangan lupa, ikuti segala langkah yang ada dalam prosedur klaim asuransi dengan baik. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini