Sukses

Jurus Pertamina Cegah SPBU Nakal yang Curangi Takaran BBM

Pertamina antisipasi agar aksi kecurangan yang dilakukan SPBU Rempoa, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengantisipasi agar aksi kecurangan yang dilakukan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Rempoa Jakarta Selatan tidak ditiru SPBU lain.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengungkapkan, Pertamina akan memperbanyak segel pada tutup takaran yang terdapat di dispenser. Langkah ini ‎untuk menghindari kecurangan pada SPBU Rempoa sehingga tidak dilakukan pada SPBU lain.

"Kami akan tambahkan lagi segel ganda di penutup dispencer yang jika dibuka rusak. Ini seperti teknologi kunci motor vs maling. Setiap teknologi baru, tidak lama bisa dijebol," kata Bambang, di Jakarta, Selasa (23/6/2016).

Bambang melanjutkan, Pertamina‎ akan memperketat pengawasan takaran di SPBU dengan menambah keterlibatan lembaga pengawas dari luar Pertamina. "Melibatkan Sucofindo selain TUV," ujar Bambang.

‎Selain itu, menurut Bambang, Pertamina akan menggunakan pengawas yang menyamar sebagai konsumen (mistery customers‎), sehingga jika terjadi kejanggalan dalam pelayanan SPBU, pihak Pertamina bisa mendapat informasi sesuai dengan fakta.

"Menggunakan "mistery customers" untuk menyamar sebagai customer sehingga bisa check fakta nyata di lapangan‎," tutur Bambang.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) III Jumali mengatakan, Pertamina akan menggunakan Teknologi Informatika dan bekerjasama dengan vendor pompa BBM untuk memperketat kecurangan yang dilakukan SPBU.

"Ke depan kami akan memberikan layanan lebih baik. Kami akan koordinasikan dengan IT vendor pompa," ujar Jumali. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini