Sukses

Sudirman Said: Ada Investor Ajukan Izin Bangun Kilang Mini

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, sudah ada investor yang berminat membangun fasilitas pengolahan minyak mentah skala kecil (kilang mini). Kilang mini bisa jadi salah satu solusi ketahanan energi karena biaya pembangunannya murah.

Sudirman mengatakan, ada 8 lokasi yang berpotensi untuk dibangun kilang mini. Lokasinya, lanjut dia, berdekatan dengan sumur minyak tua yang produksinya sudah tidak optimal.

"Ada delapan Kilang Mini untuk lapangan marginal,"‎ kata Sudirman, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/5/2016).

‎Menurut Sudirman, pembangunan kilang mini tersebut diserahkan ke swasta. Saat ini sudah ada investor yang mengajukan izin untuk ‎membangun kilang tersebut.

"Sudah mulai, ada yang ajukan izin. Justru kita memberikan keleluasan kepada pengusaha untuk mendorong swasta," ‎ungkap Sudirman.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, untuk memudahkan pembangunan kilang mini, akan diterbitkan Peraturan Menteri ESDM. Saat ini aturan tersebut masih dalam tahap finalisasi.

‎"Masih dalam proses. Semoga pertengahan tahun ini selesai. Ketentuannya dalam permen kilang mini berupa harga, lokasi, cara pelelangannya dan sebagainya," tutup Wirat.