Sukses

Pemerintah Penuhi Hal Ini, Harga Dexlite Bisa Lebih Murah

Harga Dexlite yang baru diluncurkan sebesar Rp 6.750 per liter, sebenarnya bisa dijual lebih murah hingga Rp 6.100 per liter.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan harga bahan bakar minyak (BBM) Dexlite bisa lebih murah jika pemerintah bersedia memberikan subsidi ke harga Bahan Bakar Nabati (BBN) berupa Fatty Acid Methyl Ester‎ (FAME)‎.

‎Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, harga Dexlite yang baru diluncurkan sebesar Rp 6.750 per liter, sebenarnya bisa dijual lebih murah hingga Rp 6.100 per liter.

Namun dikatakan hal ini membutuhkan bantuan pemerintah terkait bahan campuran BBN. "Kami bisa menjual lebih murah sekitar Rp 6.100," kata Bambang, di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Pertamina meminta bantuan pemerintah untuk menurunkan harga Fame yang dicampur pada Dexlite menjadi setara dengan Solar.

Saat ini harga Fame sekitar Rp 8000 per liter. ‎"Kalau harga Fame -nya tidak masuk kategori Fame industri, tapi Fame Solar," ungkap Bambang.


Menurut dia, biaya untuk menyubsidi harga Fame tersebut bisa berasal dari pungutan dana sawit yang berasal dari pengusaha yang dilakukan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

Hal tersebut dikatakan bisa dilakukan pemerintah mengingat keberadaan Dexlite mampu mengurangi konsumsi Solar subsidi.‎ "Kami sedang berjuang mengurangi subsidi Solar, kami minta bantuan pemerintah," tutup Bambang.

‎Campuran Fame pada Dexlite, sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait penambahan BBN pada Solar. (Pew/Nrm)





 










* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini