Sukses

BNI dan Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Baru

BNI dan Garuda sudah sukses menerbitkan Kartu Kredit BNI Garuda sejak tahun 2012.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menerbitkan kartu debit yang kaya fitur dan paling lengkap dibandingkan kartu-kartu debit dari bank nasional saat ini.

Kartu yang diberi nama Kartu Debit BNI Garuda Co Brand ini tidak hanya dapat digunakan sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM) melainkan juga telah ditanamkan fungsi electronic money (uang elektronik) yang diterbitkan khusus dari BNI, yaitu fungsi BNI TapCash.

Selain itu, kartu yang sama pun berfungsi sebagai Garuda Frequent Flyer yang memastikan pemiliknya selalu ter-update manfaat poin dari Garuda atau GarudaMiles.

Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro EkoCahyo mengungkapkan, Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand merupakan terobosan baru, setelah sebelumnya BNI dan Garuda sudah sukses menerbitkan Kartu KreditBNI Garuda sejak tahun 2012.


"Penerbitan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand merupakan kemajuan terbaru yang dapat diraih oleh kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sejak kerja sama pertama dilakukan pada tahun 1991, ketika BNI menjadi mitra Garuda Indonesia dalam pengembangan bisnis penerbangan nasionalnya,"‎ papar Anggoro, Senin (7/3/2016).

Untuk Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand, BNI menggandeng Mastercard sebagai penyedia jasa jaringan kartu bertaraf internasional, adapun untuk Kartu Kredit BNI Garuda Co-Brand, BNI menggandeng VISA sebagai partner penyedia jaringan internasionalnya.  

Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand memiliki banyak keunggulan dibandingkan kartu sejenis lainnya. Pertama, Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand merupakan kartu debit yang sudah memiliki fungsi uang elektronik.

Sehingga dengan hanya memiliki satu kartu, nasabah BNI dan pelanggan Garuda Indonesia bisa menggunakan kartu tersebut untuk membayar tiket berbagai moda transportasi utama saat ini, antara lain kereta Commuter Line dan TransJakarta.

Hal tersebut dimungkinkan karena kartu Debit BNI Garuda Co-Brand memiliki fungsi sebagai kartu BNI TapCash atau produk uang elektronik yang dikeleluarkan BNI. Kartu BNI TapCash saat ini juga sudah dapat digunakan untuk transaksi di gerbang tol, yang hingga 23 Februari 2016 dapat melayani lebih dari 55 gerbang tol.

Kedua, bertransaksi dengan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand akan memberikan manfaat berupa miles Garuda Indonesia.

Khusus Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand, reward miles yang diberikan sangat ringan, yaitu setiap bertransaksi Rp 50.000 mendapatkan 1 GarudaMiles yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan pada tiket penerbangan Garuda Indonesia.

GarudaMiles juga dapat diperoleh dengan menggunakan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand dalam bertransaksi di semua merchant yang menggunakan BNI Electronic Data Capture (EDC), transaksi di website Garuda Indonesia, serta bertransaksi di e-channel BNI (baik SMS Banking, ATM, maupun internet banking BNI).

Hanya di Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand, transaksi tertinggi akan mendapatkan cashback senilai Rp 500.000.

"Kerja sama penerbitan kartu antara BNI dan Garuda membuahkan hasil yang memuaskan bagi kedua perusahaan," tegas Anggoro.

Sebagai gambaran pada kerja sama Kartu Kredit Co-Brand BNI-Garuda, untuk varian Signature Card, sales volume pada tahun 2015 tumbuh 62 persen dibanding tahun 2014, sementara untuk varian Platinum Card tumbuh 63 persen. 

Pertumbuhan signifikan juga tergambarkan pada jumlah Kartu Kredit BNI-Garuda Co-Brand. Pada tahun 2014, jumlah Platinum Card masih mencapai 1.447 unit kartu, namun pada akhir tahun 2015 tumbuh sebesar 304 persen menjadi 3.281 kartu.

Menurut Anggoro, kekuatan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand juga terdapat pada desainnya yang menggunakan motif Batik Gondo Suli. Motif batik yang berasal dari Jawa Tengah dan dikenakan oleh kerabat keraton ini menggambarkan semangat yang tidak pernah padam.

Pesan dari motif batik tersebut mewakili semangat BNI dan Garuda Indonesia dalam bekerja sama memberikan layanan terbaik bagi publik di Tanah Air. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.