Sukses

Dipanggil Wawancara Kerja? Jangan Lupa Tanyakan 5 Hal Ini

Bukan hanya pewawancara yang berhak bertanya. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada yang kurang dimengerti

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja merupakan saat Anda dapat bertatap muka dengan calon perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Banyak orang yang terlalu takut membuat kesalahan pada saat wawancara ini hingga akhirnya cenderung pasif saat proses berlangsung.

Satu hal yang perlu diingat, wawancara kerja merupakan proses komunikasi dua arah. Untuk itu, bukan hanya pewawancara yang berhak menanyakan Anda berbagai pertanyaan. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa hal yang kurang Anda mengerti.

Selain itu, pertanyaan ini juga dapat memberikan sinyal baik bagi perusahaan bahwa Anda sebenarnya memiliki minat yang tinggi pada jabatan tersebut.

Pertanyaan apa sajakah yang harus Anda tanyakan saat wawancara? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Business Insider, Rabu (3/2/2016)

1. Bagaimana kesempatan karir yang ditawarkan dalam jabatan ini?

Pertanyaan ini dapat memberitahu Anda bagaimana prospek jabatan tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Apakah nantinya Anda mampu untuk menapaki tangga karier yang baik atau hanya mandek di posisi itu-itu saja.

2. Selain hard skill, soft skill apa yang harus saya miliki agar mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan?

Mengetahui soft kill apa yang harus Anda miliki terlebih dahulu merupakan nilai plus tersendiri. Dengan mengetahui hal ini, Anda pun nantinya dapat mengira-ngira bagaimana sifat pegawai yang ada di tempat kerja tersebut dan apakah Anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ditawarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

3. Permasalahan apa yang sedang dihadapi dan Apa yang dilakukan departemen Anda dalam menanggulanginya?

Pertanyaan ini mungkin jarang sekali ditanyakan. Tapi nantinya hal ini dapat memberitahu Anda mengenai kondisi calon tempat Anda bekerja.

4. Cara apa yang dapat saya lakukan untuk membantu tim saya nanti bekerja professional?

Dengan menanyakan hal ini Anda dapat member sinyal bahwa Anda merupakan seorang pekerja keras dan bersedia untuk kerja bersama dengan tim. Hal ini merupakan hal yang sangat penting terutama bagi pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk mencapai target tertentu.

5. Bagaimana evaluasi pekerjaan biasanya dilakukan?

Mengetahui bagaimana cara perusahaan tersebut dalam menilai keberhasilan pegawainya sangatlah penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui langkah apa saja yang harus Anda ambil agar mampu mendapatkan karier yang baik di perusahaan tersebut. (Vna/Ndw) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini