Sukses

Surabaya Susul Bali Jadi Kota Paling Diminati pada 2015

Kota-kota di Kalimantan mengalami penurunan kunjungan lantaran bisnis tambang merosot.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2015, tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Bali dinilai menjadi kota yang paling banyak menjadi tujuan bepergian, terutama yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Managing Director Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan bahkan di luar dugaan, jumlah penerbangan dengan tujuan ke Surabaya menempati posisi kedua melebihi Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata paling populer di Indonesia.

"Di tahun ini, destinasi paling populer dengan jumlah penerbangan pesawatnya itu pertama Jakarta. Setelah itu Surabaya, ini jauh lebih besar dari Bali. Karena Bali biasanya orang cuma buat jalan-jalan, tetapi di Surabaya orang selain jalan-jalan, juga bisnis, dan lain-lain. Kemudian kalau dulu Malang belum terlalu dikenal, sekarang sudah cukup besar," ujar dia di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Kemudian di posisi keempat dan kelima diikuti oleh Yogyakarta dan Medan. Meski secara jumlah penerbangan pesawat ke kota tersebut kalah dibandingkan ketiga kota di atasnya, Yogyakarta dianggap kota yang paling menarik untuk dikunjungi.

"Kemudian Yogyakarta dan Medan. Itu lima kota utama. Bandung sebenarnya juga, tetapi airport-nya kecil dan kebanyakan orang naik mobil. Yang paling menarik Yogya karena orang transaksi di Yogya kecil, tapi orang yang pergi ke Yogya itu besar. Desember ini kalau orang pergi ke Yogya sudah penuh hotelnya," kata dia.

Sementara itu, kota tujuan yang mengalami penurunan pada tahun ini adalah kota-kota di Kalimantan. Hal tersebut terkait dengan lesunya bisnis pertambangan pada tahun ini, sehingga membuat penerbangan ke kota-kota di Kalimantan menurun.

"Kalimantan sekarang turun. Dulu tinggi karena pertambangan, tetapi sejak tahun lalu bisnis pertambangan turun, sehingga perjalanan orang ke Kalimantan ngedrop," dia menjelaskan.

Sementara untuk 2016, Gaery memperkirakan tidak ada banyak perubahan. Namun sejumlah kota yang sebelumnya tidak banyak dilirik pada tahun depan mulai banyak diminati masyarakat, seperti Malang, Makassar, dan Semarang.

"Yang sekarang sedang berkembang Malang. Makassar sudah mendekati top 10. Kemudian Semarang. Kalau dilihat kereta api ke Semarang sekarang yang paling susah karena pasti orang pilih KA Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta," ia menandaskan.** (Dny/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.