Sukses

Menteri ESDM: 10 BUMN Bakal Kerja Sama dengan Freeport

Pemerintah akan melibatkan banyak BUMN untuk bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia terutama soal tingkatan kandungan dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indonesia Asahan Alumunium/Inalum (Persero) bakal menjadi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengambil alih 10,64 persen divestasi saham PT Freeport Indonesia.

Dengan ini, saham PT Freeport Indonesia akan dimiliki pemerintah 20 persen melalui dua BUMN, yaitu PT Aneka Tambang/Antam (Persero) 9,36 persen dan Inalum 10,64 persen‎.

Tak hanya itu, pemerintah akan lebih banyak melibatkan BUMN untuk bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia dalam proses penambangan emas. Ini juga sebagai langkah meningkatkan kandungan produk dalam negeri (TKDN).

"‎Tentang melibatkan industri nasional, 10 BUMN sedang menjajaki kesempatan-kesempatan yang akan diberikan Freeport Indonesia," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Istana Kepresidenan semalam seperti ditulis, Selasa (20/10/2015).

Sudirman mencontohkan, yang akan bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia adalah PT Pindad (Persero) dan PT Dahana (Persero) dalam penyediaan bahan peledak.

Selain itu, ada PT Pertamina (Persero) yang akan menyediakan batu bara dan bahan bakar lainnya. Sementara itu, PT Krakatau Steel (Persero) akan menjadi penyuplai kebutuhan baja dalam pendukung kegiatan penambangan.

"‎Jadi ini BUMN akan kita dorong, dan saya kira dalam waktu dekat mereka akan tanda tangan MoU untuk menjajaki atau mengeksplorasi kesempatannya," tegas Sudirman. (Yas/Ahm)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini