Sukses

5 Cara Cepat Raih Promosi di Kantor

Anda mungkin sedang berkeinginan mendapat jabatan dan gaji yang lebih baik. Namun, hal itu belum tentu sejalan dengan keinginan bos Anda.

Liputan6.com, Los Angeles - Anda mungkin sedang berkeinginan mendapat jabatan dan gaji yang lebih baik. Namun, hal itu belum tentu sejalan dengan keinginan bos Anda.

Ada banyak cara supaya bisa mendapat perhatian bos dan promosi yang Anda inginkan. Business News Daily, Senin (7/9/2015), memberikan lima cara yang paling efektif:

1. Sesuaikan sikap Anda

Sebelum berpikir mendapat promosi, pastikan Anda memiliki sikap yang benar. Singkirkan sikap "gelas setengah kosong", ubah menjadi mentalitas yang lebih positif dan optimistis.

Menurut sebuah survey CareerBuilder, 62 persen perusahaan mengatakan, karyawan yang bersikap negatif menurunkan peluang mendapat promosi.

2. Berpakaian untuk kesuksesan

Ada ungkapan yang mengatakan, "Kenakan pakaian untuk pekerjaan yang Anda inginkan, bukan yang dimiliki." Hal ini bisa jadi benar. Penelitian dari Office Team menunjukkan, 80 persen eksekutif berpikir busana mempengaruhi kesempatan untuk mendapat promosi.

Tapi sesuaikan pakaian Anda dengan budaya kantor. Anda tidak perlu memakai baju mahal setiap hari hanya untuk mengesankan bos. Amati para pemimpin dan orang-orang yang bekerja di departemen impian Anda.

Ini semua tentang cara berpakaian tepat di lingkungan kerja sambil tetap menunjukkan kepribadian Anda.

3. Bertindak sebagai pemimpin

Tidak ada bos yang mempromosikan karyawan tanpa melihat keterampilan kepemimpinannya. Menurut Harvard Business Review, jika ingin bergerak ke atas dalam karier, maka Anda harus bertindak, berpikir, dan berkomunikasi seperti pemimpin bahkan jauh sebelum mendapat promosi.

Langkah awalnya, Anda harus pastikan tidak begitu terganggu dengan ambisi. Anda harus percaya diri unggul dalam pekerjaan saat ini. Selesaikan tugas dengan baik.

Dari sini, lalu cari tugas tambahan yang terlupakan oleh orang lain. Pastikan juga membangun hubungan dengan tokoh penting dalam perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi



4. Bersosialisasi

Bergaullah dengan karyawan lain. Hadiri acara atau kegiatan kelompok yang berada di luar tugas kantor. Hal ini untuk menunjukkan Anda berinvestasi hal lainnya di luar pekerjaan.

Membangun hubungan baik dengan karyawan lain menunjukkan ke bos kalau Anda disukai dan bisa menjadi pemimpin yang kuat. Menurut CareerBuilder, membangun hubungan positif di tempat kerja mendorong kerja tim yang lebih baik dan membuat hari kerja lebih menyenangkan.

5. Mintalah promosi

Jika Anda tidak bicara dengan bos soal pertumbuhan karier, maka ia mungkin tidak menyadari keinginan Anda ini. Anda harus menjelaskan kalau sedang mencari peran lebih besar sehingga tidak akan melewati kesempatan promosi hanya karena bos merasa Anda tidak tertarik.

Sebuah studi Accenture menemukan, 44 persen wanita dan 48 persen pria mengatakan mereka telah meminta kenaikan gaji. Hanya 28 persen wanita dan 39 persen pria mengatakan mereka minta promosi.

Mereka yang berani menanyakan hal ini mendapat respon positif. Sebanyak 17 persen mendapat promosi yang lebih baik dan 42 persen memperoleh jabatan yang mereka minta.

Lalu, 10 persen lainnya mendapat peran baru yang tidak mereka minta, lima persen memperoleh tanggung jawab baru tapi bukan promosi, dan hanya 10 persen tak mendapat tanggapan. (Elsa/Ndw)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini