Sukses

Antar Delegasi KAA, 25 Pesawat Kenegaraan akan Parkir di Halim

Angkasa Pura II menganjurkan kepada calon penumpang pesawat agar tiba lebih awal guna menghindari kemacetan di jalan akses menuju bandara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) mengungkapkan, selama penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, akan menjadi tempat parkir bagi 25 unit pesawat kenegaraan. Selain itu, bandara tersebut juga akan ditutup bagi penerbangan komersial pada Jumat, 24 April 2015.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Eko Diantoro menjelaskan, sebanyak 27 delegasi peserta Konferensi Asia Afrika telah mengkonfirmasi tiba pada tanggal 19 hingga 21 April 2015. Sebagian besar delegasi tersebut yang merupakan tamu VIP yang kedatangannya akan melalui banda Halim Perdanakusuma.

"Oleh sebab itu pada tangga 21-23 April akan terjadi penundaan yang direncanakan atau expected delay bagi penerbangan komersial," jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (20/4/2015). Namun, untuk penerbangan mana saja yang terkena delay, Eko mengungkapkan masih akan bergantung dari Notice to Airmen (NOTAM) yang akan diterbitkan Kantor NOTAM Kementerian Perhubungan.

Eko pun menganjurkan kepada calon penumpang pesawat agar tiba lebih awal guna menghindari kemacetan di jalan akses menuju bandara.

Adapun Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup untuk seluruh penerbangan komersial pada 24 April dari pukul 05.30 hingga 18.00 WIB. Akses utama menuju bandara pada tanggal tersebut juga ditutup untuk umum mulai pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, sejak 18 April hingga 25 April seluruh operasional maskapai sewa atau charter dan sekolah pilot dipindahkan ke Bandara Pondok Cabe.

Eko melanjutkan, terdapat 25 unit pesawat kenegaraan akan diparkir di Bandara Halim Perdanakusuma. Pihak Angkasa Pura II juga menyiapkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang untuk lokasi parkir pesawat kenegaraan dari para delegasi apabila diperlukan.

Perseroan telah berkoordinasi dengan pihak terkait diantaranya Kantor Staf Kepresidenan, TNI, Polri, Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, dan pihak terkait lainnya guna menjamin kelancaran dalam penyambutan di bandara-bandara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini