Sukses

Ini Alasan Pemerintah Salurkan Subsidi Elpiji 3 Kg Pakai Kartu

Penyaluran subsidi elpiji 3 Kg dengan kartu akan membuat harga jualnya sama dengan tabung elpiji 12 Kg.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang melakukan kajian penyaluran subsidi elpiji menggunakan kartu. Dengan cara itu, harga elpiji 3 Kilogram (Kg) akan sama dengan elpiji 12 Kg.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Nyoman Wiramaja mengatakan, pemerintah akan memberikan saldo subsidi sebesar Rp 42 ribu-Rp 45 ribu melalui kartu yang hanya diberikan untuk masyarakat golongan kurang mampu.

"Kami punya subsidi Rp 26 triliun, kalau dibagi dengan kartu yang ada berarti Rp 42 ribu-Rp 45 ribu per keluarga, yang kategori miskin," ujar Wira, di kantor Kementerian ESDM, Senin (23/3/2015).

Ia menambahkan, subsidi pada kartu tersebut akan diisi ulang setiap bulan. Sedangkan harga elpiji 3 Kg yang dijual akan disamakan dengan elpiji non subsidi 12 Kg, sehingga harga elpiji murah bisa didapat jika pembeli bisa menunjukkan kartu tersebut.

"Sama saja harganya. Subsidinya tidak dicabut, tapi tetap sasaran, masyarakat yang memang butuh," jelas Wira.

Program tersebut akan diujicobakan terlebih dahulu pada wilayah yang terisolir dengan provinsi lain, seperti Bali, Batam dan Bangka Belitung, setelah ujicoba tersebut berjalan lancar, akan diterapkan secara nasional.

"Ini pilot project dulu, kami lihat nanti bagus atau tidak. Kalau bagus maka lanjut nasional," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.