Sukses

Roy Cockrum, Pemenang Lotere yang Janji Perangi Kemiskinan

Pemenang hadiah lotere dengan jumlah terbesar sepanjang sejarah di Tennessee ini mau membagikannya dengan yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Keluar sebagai pemenang lotere dengan hadiah triliunan rupiah tentu sebuah hal yang mengejutkan. Tapi yang lebih mengejutkan adalah saat sang pemenang justru membagi-bagikan hadiah uang tersebut dan tidak berfoya-foya dengan hartanya.

Adalah Roy Cockrum, pria pemenang hadiah lotere sebesar US$ 259,8 juta yang tak memakan habis hartanya sendiri. Pemenang hadiah lotere dengan jumlah terbesar sepanjang sejarah di Tennessee ini mau membagikan dengan yang membutuhkan.

Terlebih lagi, dia sudah mengucap janji untuk memerangi kemiskinan. Cokcrum juga berbagi kebahagiaannya dengan mendirikan yayasan amal untuk kesenian.

Mengapa Cockrum mau menyumbangkan sebagian besar hadiah loterenya untuk kepentingan orang banyak?. Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Richest, independent.co.uk, Huffington Post, dan beberapa sumber lain, Rabu (26/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemenang lotere dermawan


Roy Cockrum pertama kali menjadi sorotan masyarakat setelah dirinya mengklaim hadiah lotere bernilai US$ 259,8 juta di Nashville.

Cockrum merupakan pria berusia 58 tahun yang menghabiskan 20 tahun masa hidupnya sebagai aktor dan manajer panggung sebuah pertunjukan teater.

Sebelum menjadi miliarder, Cockrum juga pernah bekerja di bidang produksi program televisi. Dia lantas dikenal sebagai Brother Roy setelah bergabung dengan komunitas layanan religius di Cambridge, Massachusetts.

Merujuk pada aturan `Rule of Life` dalam komunitas tersebut, anggotanya harus berjanjir untuk memerangi kemiskikan seumur hidup. Tak hanya itu, dirinya akan patuh pada aturan agama selama keanggotaaannya.

3 dari 4 halaman

Tak menyangka menang lotere

Roy Cocrum tak pernah menyangka dapat menjadi pemenang lotere dengan total hadiah uang yang menakjubkan. Dia baru mengetahui kemenangannya saat sedang di jalan mengantar ibunya ke dokter.

Dia mengaku lemas dan sangat bahagia secara bersamaan mengetahui dirinya telah menjadi miliarder. Bahkan jumlah hartanya melampaui total kekayaan beberapa selebritis ternama.

Berbeda dengan pemenang lotere lain, Cockrum justru menolak membawa pulang seluruh hadiah uangnya. Mantan aktor ini ingin seluruh uang yang dimilikinya menjadi berkah bagi orang lain yang merasakannya.

Menurut Cockrum, itu memang tak mudah tapi akan menjadi kesenangan luar biasa untuk melakukannya.

4 dari 4 halaman

Janji membagi sebagian besar hadiah lotere

Menjadi orang kaya mendadak usai memenangkan lotere bernilai triliunan rupiah, Cockrum berencana menggunakan sebagian besar uangnya untuk memulai sebuah yayasan penggerak seni.

Yayasan tersebut didirikan untuk mendukung berbagai organisasi kesenian di seluruh penjuru negerinya. Uniknya, dalam yayasan tersebut, Cockrum memilih namanya tidak ditulis sebagai pendiri. Menurutnya, yayasan kesenian tersebut milik masyarakat bersama.

Cockrum bahkan berjanji hanya akan mengambil uang yang dibutuhkan saja. Sementara sebagian dari hartanya tersebut juga akan mengalir pada yang membutuhkan lantaran janji religiusnya untuk memerangi kemiskinan.

Sisa uang dari dana tunai yang dia membanjiri dompetnya juga akan terus mengalir dalam bentuk sumbangan pada siapapun yang membutuhkan.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini