Sukses

JK Bilang Tak Salah Pilih Susi Pudjiastuti Jadi Menteri Kelautan

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dirinya dan Presiden Joko Widodo tidak salah saat menunjuk Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KKP.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa dirinya dan Presiden Joko Widodo tidak salah saat menunjuk Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Kemarin banyak yang bilang kenapa menunjuk menteri perhubungannya seperti itu, menteri kelautannya seperti itu," ujarnya di Hotel Four Season, Kuningan, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Kemudian ketika Susi mengungkapkan nelayan tidak perlu lagi mendapatkan subsidi BBM lagi, JK mengaku sempat heran. Namun dengan statistik yang mengambarkan bahwa tiap tahun subsidi tersebut mengalami kenaikan ternyata tidak seimbang dengan hasil perikanannya.

"Begitu dikatakan jangan lagi ada subsidi kepada nelayan, ternyata statistiknya menarik bahwa subsidi BBM untuk nelayan naik tiga kali lipat dalam enam tahun. Tetapi impor kita tetap tinggi, kenapa impornya tetap tinggi?," katanya.

JK menjelaskan, ternyata hal ini lantaran para nelayan terlalu dimanjakan dengan adanya subsidi tersebut hingga lebih memilih menjual BBM-nya dibandingkan digunakan untuk melaut dan mencari ikan.

"Daripada dipakai melaut lebih baik BBM-nya dijual, lebih menguntungkan. Dari sini kita jangan ragu-ragu, apa yang terjadi kita koreksi," tandasnya.  (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

  • Wapres JK