Sukses

Jean Tirole, Ekonom Prancis Raih Nobel Ekonomi 2014

Ekonom Prancis Jean Tirole memenangkan nobel ekonomi pada 2014 atas kontribusi studinya terhadap kekuatan dan regulasi pasar.

Liputan6.com, Stockholm - Ekonom Prancis Jean Tirole memenangkan nobel bidang ekonomi pada 2014. Penghargaan diberikan kepada Tirole atas kontribusi terhadap studinya mengenai kekuatan dan regulasi pasar.

Tirole telah menghabiskan selama 30 tahun terakhir untuk mempelajari bagaimana sejumlah perusahaan besar dapat mendominasi pasar yang berakibat terhadap kerusakan. Demikian mengutip laman CNNMoney.

Pasar sering menghasilkan harga lebih tinggi dan perusahaan yang tidak produktif bertahan dengan memblokir masuknya produk baru.  Tirole pun menyoroti bagaimana pemerintah merespons hal tersebut.

"Dari pertengahan tahun 1980-an dan seterusnya, Jean Tirole telah memberi nafas baru kepada penelitian tentang kegagalan pasar tersebut. Analisanya mengenai perusahaan dengan kekuatan pasar memberikan teori terpadu dengan bantalan kuat pada pertanyaan kebijakan pusat: bagaimana seharusnya kesepakatan pemerintah mengenai merger dan kartel. Bagaimana seharusnya mengatur monopoli," tulis Nobelprize.org, yang dikutip Selasa (14/10/2014).

Mantan mahasiswa MIT ini berpendapat, regulasi terbaik mengatasi hal itu dengan menyesuaikan kondisi masing-masing industri seperti telekomunikasi dan perbankan. Sementara itu, solusi tradisional seperti pembatasan harga dan melarang kerja sama dapat lebih berbahaya.

"Kerja sama penetapan harga dalam pasar biasanya berbahaya, tetapi kerja sama mengenai paten dapat menguntungkan semua orang. Penggabungan perusahaan dan pemasok dapat menimbulkan inovasi tetapi juga mendistorsi persaingan," tulis komite Nobel.

Tirole meraih gelar sarjananya dari Ecole Polytechnique di Paris pada 1976, dan dari Ecole Nationale des ponts et chaussees pada 1978. Pria kelahiran 9 Agustus 1953 mendapatkan gelar Ph.D dari Massachusetts Institute of Technology pada 1981.

Ia telah mempublikasikan sekitar 200 artikel ekonomi dan keuangan termasuk 10 buku. Karya bukunya antara lain The Theory of Industrial Organization, Game Theory bersama Drew Fudenberg, dan A Theory of Incentives in Procurement and Regulation yang ditulis dengan Jean-Jacques Laffont. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.