Sukses

Perjalanan Bisnis Dick Gelael, sang Pendiri KFC Indonesia

Masyarakat harus kehilangan salah satu pengusaha paling sukses di Tanah Air dengan meninggalnya Dick Gelael, sang pendiri KFC Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat di Tanah Air kembali harus kehilangan salah satu pengusaha paling sukses dan berbakat dengan meninggalnya Dick Gelael, sang pendiri KFC Indonesia pada Kamis 4 September 2014. Pria kelahiran 10 September 1933 ini menghembuskan napas terakhirnya hanya beberapa hari sebelum genap berusia 81 tahun.

Almarhum pengusaha sukses ini meninggalkan seorang istri, tiga anak dan tiga orang cucu. Sang pengusaha dikebumikan di San Diego Hills setelah sempat disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Berbicara masalah bisnis, kegigihannya membuat dia berhasil mendirikan beberapa perusahaan ternama yang bergerak di bidang ritel dan industri makanan. Semasa hidupnya, Gelael mampu mendirikan empat perusahaan besar di Tanah Air yaitu PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Gelael Supermarket, PT Finindo Foods Indonesia dan PT Aneka Satwitra Sari Food.

PT Fast Food Indonesia merupakan perusahaan yang menaungi waralaba KFC di Indonesia. Kakek dari pembalap F3 Sean Gelael ini membeli izin usaha KFC sejak 1978 dan merintisnya hingga saat ini.

Sejak masih muda, Gelael memang dikenal sebagai sosok yang gigih dan pantang menyerah. Dirinya bahkan sering disebut-sebut sebagai entrepreneur sejati di Indonesia karena keseriusannya menggarap sejumlah bisnis.

Berikut sekilas ulasan mengenai Dick Gelael dan bisnisnya seperti dikutip dari situs resmi Gelael Supermarket dan rangkuman dari berbagai sumber, Senin (8/9/2014):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah berbisnis sejak usia muda

Sudah berbisnis sejak usia muda

Keinginan Gelael untuk menjadi pengusaha sudah mulai muncul sejak dirinya masih terbilang cukup muda. Tak heran, dirinya mampu mendirikan pasar swalayan dengan jasa pengantaran barang pesanan ke rumah pelanggan pada 1957.

Saat itu, Gelael baru berusia 23 tahun. Pasar swalayan itu dikelola sang istri, Elizabeth Gelael, pertama kali di Jl. Falatehan 1 No. 35, Jakarta.

Menjelang 1960, di usianya yang ke-27,  Dick Gelael mulai menjalin persahabatan dengan Mohammad Rasjid Thamrin dan Rudy Tanudjaja Saputra.  Kedua pengusaha ini, akhirnya sepakat bekerjasama dengan Dick Gelael membuka supermarket yang kemudian dikenal dengan sebutan Gelael Supermarket pada 1970.

Supermarket tersebut memiliki ciri khas yang selalu dipertahankan keluarga pengelola sejak berdiri hingga sekarang. Menyajikan barang dagangan dalam keadaan segar (fresh) merupakan ciri khas yang sekaligus menjadi keunggulan Gelael Supermarket.

Bersama sahabatnya tersebut, Gelael terus melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan beberapa cabang supermarket di sejumlah lokasi strategis di Jakarta.

Usaha pasar swalayan tersebut terus berkembang hingga dirinya mampu membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia. Gelael juga merupakan pendiri dari PT Multi Food Indonesia (es krim Swensen's).

 

3 dari 3 halaman

Dick Gelael kelola 466 jaringan restoran KFC di Tanah Air

Dick Gelael kelola 466 jaringan restoran KFC di Tanah Air

Nama Dick Gelael sangat erat dengan salah satu restoran cepat saji ternama di dunia, KFC. Maklum, Gelael membeli izin usaha waralaba KFC Indonesia sejak 1978.

Di tangan sang pendiri, KFC Indonesia telah memiliki 466 restoran yang tersebar di 108 kabupaten/kota dan Mobile Catering. Jaringannya bahkan telah menjangkau seluruh pulau di Tanah Air hingga ke tanah Papua.

Di bawah keahliannya berbisnis, KFC Indonesia terkenal dengan inovasinya yang tak pernah berhenti. Menu hingga pelayanan terus mengalami perkembangan sejak pertama kali DICK Gelael memboyong KFC ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini