Sukses

Permintaan Tinggi, Pengepul Sayur Palu Serbu Kalimantan

Harga jual sawi putih di Kalimantan mencapai Rp 25 ribu per kilogram.

Liputan6.com, Palu Sejumlah pengepul sayur di Palu, Sulawesi Tengah, berlomba mengirim sayur jenis sawi putih ke Pulau Kalimantan. Langkah tersebut dilakukan karena tingginya permintaan di tingkat pengecer Kalimantan.

Robi salah satu pengepul sayur di Palu menuturkan, tingginya permintaan sayur khususnya sawi putih dari Kalimantan sudah berlangsung kurun seminggu.

Tingginya permintaan tersebut cukup menguntungkan sejumlah pengepul karena harga jualnya bisa naik dua hingga tiga kali lipat.

"Harga lokalan di Palu cuman Rp 7.500 sampai Rp 10.000 per kilogram, sementara kalau jual di Kalimantan bisa Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilogram, jelas ada untung," ungkapnya saat ditemui di sentra pengepulan sayur di Kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah, Rabu (7/5/2014).

Salma pengepul sayur lainnya menambahkan, tingginya permintaan di Kalimantan karena ketersediaan stok sayur untuk jenis sawi putih kian menipis.

"Dari tahun ke tahun kalau stok di tingkat pengecer di Samarinda menipis, permintaan di tingkat pengepul Palu sangat meningkat ," ungkapnya.

"Kemarin saya baru kirim 20 karung, semuanya habis. Sekarang sudah ada pengecer di sana yang pesan 30 karung lagi. Ya, bisa jadi tinggi permintaan terus berlangsung agak lama," tandas Anton pengepul lainnya ditemui terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.