Sukses

Pipa Gas Arun-Belawan Kelar Oktober, Dahlan: Ini Sejarah Baru

Pembangunan pipa gas Arun-Medan sudah 75%, dan hanya tersisa 60 kilometer (km) karena masalah lahan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, pembangunan pipa gas dari Arun ke Belawan akan selesai Oktober 2014.

Dahlan mengatakan pembangunan pipa gas tersebut saat ini sudah 75%, dan hanya tersisa 60 kilometer (km) sambungan pipa yang belum selesai dikerjakan karena terkendala pembebasan lahan.

"Pipa gas dari Arun ke Medan sudah selesai 75% dibangun Pertagas. Nah itu Oktober akan selesai, jadi Oktober nanti sudah ada pipa gas sampai Arun ke Belawan. Tinggal 60 km di beberapa tempat karena menyangkut tanah," kata Dahlan seperti yang dikutip Kamis (1/5/2014).

Menurut dia, jika ruas pipa tersebut sudah jadi maka menjadi sejarah baru bagi wilayah tersebut. Nantinya Medan, Sumatera Utara akan mendapat pasokan gas dari Arun, Nangroe Aceh Darussalam.

Dahlan mengungkapkan, jika gas dari Arus sudah masuk ke Medan akan memberikan hawa segar bagi industri di wilayah tersebut. Maklum, selama ini industri Medan kesulitan mendapatkan gas.

"Dengan demikian industri di Medan dapet gas yang selama ini buntu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.