Sukses

Top 3 Tekno: Ajakan Jokowi ke CEO Microsoft hingga Bocoran Spesifikasi Oppo Reno12 Bikin Kepo

Pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran dengan ajakan Jokowi ke CEO Microsoft Satya Nadella. Selain itu, bocoran spesifikasi Reno12 juga membuat pembaca penasaran.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Microsoft Satya Nadella bertandang ke Indonesia, Selasa 30 April 2024. Satya Nadella juga sempat hadir di Istana Kepresidenan Jakarta memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

Berbagai hal dibicarakan, terutama tentang perkembangan teknologi serta investasi Microsoft di Indonesia.

Satya Nadella sendiri menyebut, Microsoft bakal berinvestasi sebesar hampir Rp 28 triliun di Indonesia, terutama dalam pengembangan AI dan cloud.

Sebanyak 840.000 talenta digital juga akan dilatih untuk mempelajari teknologi kecerdasan buatan.

Dikatakan oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi, dalam pertemuannya dengan sang bos Microsoft Satya Nadella, Jokowi sempat mengusulkan agar Microsoft membangun pusat riset AI di Indonesia.

Dua kota direkomendasikan menjadi pusat riset AI ini, yakni Bali dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Informasi seputar kunjungan CEO Microsoft Satya Nadella ke Indonesia pun membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa 30 April 2024.

Artikel tentang Bos Microsoft menyoroti pertumbuhan developer di Indonesia dari tahun ke tahun juga membuat pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran.

Selain itu, pembaca juga penasaran dengan bocoran spesifikasi Oppo Reno 12 yang bakal dirilis, sebagai penerus dari Oppo Reno11 Series.

Berikut informasi lengkap dari berbagai artikel yang banyak dibaca pembaca kanal Tekno Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menkominfo: Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Satya Nadella Bangun Pusat Riset AI di Bali dan IKN

CEO Microsoft Satya Nadella mengunjungi Indonesia. Dalam kesempatan ini Nadella sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Investasi adalah salah satu hal yang dibahas.

Selain itu menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, Jokowi juga menyarankan kepada Satya Nadella agar Microsoft mau membangun pusat riset khusus AI di Indonesia.

Budi Arie Setiadi mengatakan Microsoft menegaskan komitmennya untuk berinvestasi sebesar USD 1,7 miliar atau setara hampir Rp 28 triliun di Indonesia.

"Angkanya sudah dirilis, Microsoft berkomitmen untuk berinvestasi sebesar hampir Rp 28 triliun untuk mengembangkan AI dan cloud di Indonesia," kata Budi Arie Setiadi dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Selasa (30/4/2024).

Budi Arie menyebutkan investasi tersebut digelontorkan selama 4 tahun. Menurut dia, investasi ini menjadi angin segar bagi Indonesia.

"Karena Indonesia sebagai bangsa sangat diperhitungkan dalam kancah ekosistem digital global," kata Budi Arie.

Lebih lanjut, Menkominfo Budi Arie mengatakan, Indonesia bakal siap membantu jika ada hal yang dibutuhkan oleh Microsoft dalam melaksanakan investasi mereka di Indonesia. Bahkan, menurutnya Jokowi juga mengusulkan untuk membangun pusat riset khusus Ai di Indonesia.

"Seperti yang disampaikan, Pak Presiden mengusulkan ada pusat riset khusus AI di Indonesia," katanya, menyebutkan kata-kata Jokowi saat bertemu dengan Satya Nadella.

Informasi selengkapnya di sini.

 

3 dari 4 halaman

2. Bos Microsoft Soroti Jumlah Pertumbuhan Developer Indonesia, Proyeksi Masuk 5 Besar GitHub Global

Dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella menyorot soal jumlah developer di Indonesia yang terus tumbuh dengan pesat. Ia menyebut, pertumbuhan developer software Indonesia di GitHub tumbuh hingga dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk diketahui, saat ini ada lebih dari 3,1 juta developer di Indonesia yang memakai GitHub, platform pengembangan software milik Microsoft. Dengan jumlah itu, Indonesia menjadi komunitas developer terbesar ketiga di kawasan Asia Pasifik, setelah dan Tiongkok.

Sementara untuk komunitas GitHub secara global, Satya menuturkan, Indonesia sekarang di urutan delapan. Karenanya, dengan pertumbuhan jumlah developer yang semakin pesat ini, Indonesia diprediksi akan menjadi komunitas developer kelima di GitHub pada 2026.

"Saya merasa Indonesia akan menjadi nomor lima secara global (di GitHub) pada 2026. Jadi, ini akan menjadi hal yang menggembirakan," tutur Satya Nadella dalam event Microsoft Build yang digelar di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Berdasarkan proyeksi, jumlah developer Indonesia di GitHub akan menggantikan posisi Inggris yang saat ini berada di posisi kelima. Indonesia sendiri juga disebut mencatat peningkatan jumlah developer yang signifikan dari tahun ke tahun di GitHub.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

4 dari 4 halaman

3. Spesifikasi Oppo Reno 12 Bocor di Internet, Seperti Apa?

Oppo disebut-sebut akan mengumumkan seri Reno terbaru mereka di tahun ini, dengan jadwal peluncuran pada bulan Juni mendatang.

Walau belum dikonfirmasi, Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro akan menjadi lini ponsel terbaru besutan perusahaan asal China tersebut di 2024 ini.

Hal ini diperkuat dengan bocornya spesifikasi Reno 12, di mana varian ponsel ini akan ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 8200, RAM 16GB, dan memori sebesar 512GB.

Mengutip unggahan Digital Chat Station di Weibo via GSM Arena, Selasa (30/4/2024), HP Android milik Oppo ini juga bakal dilengkapi dengan kamera utama 50 MP f/1.8, ultrawide 8 MP, dan 50 MP f/20 'portrait telefoto' degan kemampuan zoom optik 2x.

Untuk mendukung performa sehari-hari, Oppo sudah melengkapi seri Reno 12 ini dengan baterai 5,00mAh dan sudah mendukung pengisian daya cepat SuperVOOC 80W.

Salah satu hal paling menonjol dari HP baru Oppo ini adalah desain yang tipis, ringan, dan memiliki layar lengkung. Dari bocoran sebelumnya, ponsel ini sudah mendukung resolusi "1.5K" dan refresh rate 120 Hz.

Oppo Reno 12 ini juga dikabarkan sudah mengantongi sertifikasi IP65 untuk daya tahan debu dan air.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.