Sukses

Sosok Minggu Ini: Maria Witjaksono, "Sahabat" Pasien Kronis

Maria satu-satunya dokter lulusan bidang Medis Paliatif di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ini kegiatan sehari-hari dokter Maria Witjaksono. Ia mengunjungi setidaknya 3 pasien penyakit berat.

Maria adalah pengajar dan dokter bidang Medis Paliatif. Ialah satu-satunya lulusan bidang Medis Paliatif di Indonesia.

Singkatnya, Paliatif adalah cara meringankan penderitaan terutama bagi pasien berpenyakit berat. Misalnya, penderita kanker stadium lanjut.

Dengan perawatan Paliatif, walau kemungkinan sembuh kecil pasien akan memiliki kualitas hidup yang relatif baik. Di Indonesia, layanan Paliatif masih jarang diberikan karena layanan ini belum banyak dikenal.

Maria lahir 54 tahun lalu dalam keluarga sederhana di Yogyakarta. Setelah mendapat gelar Sarjana Kedokteran di UGM, Maria melanjutkan sekolah ke Flinders University di Australia.

Maria mengambil Jurusan Perawatan Paliatif dan lulus dengan nilai memuaskan pada 2008.

Tak lama kemudian, Maria membidani lahirnya perawatan Paliatif di Rumah Sakit Kanker Dharmais bagi penderita kanker stadium lanjut.

Karena pengetahuannya di bidang perawatan Paliatif, Maria meraih berbagai penghargaan dalam dan luar negeri. Maria pun terus berusaha memperkenalkan perawatan Paliatif.

Pasien dan keluarga memang merasakan manfaatnya. Ibu 2 anak ini berharap, bidang Paliatif maju pesat di Indonesia.

Saksikan ketekunan Dokter Maria dalam meringankan penderitaan pasien berpenyakit berat selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (30/8/2015), di bawah ini. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini