Sukses

Setelah Bali, Indosat Kebut Modernisasi Jaringan di Pulau Jawa

Nantinya semua pelanggan bisa memanfaatkan jaringan 3G U900 dengan cakupan jangkauan yang lebih luas dan bandwith lebih besar.

Setelah resmi meluncurkan jaringan 3G di frekuensi UMTS 900 MHz di Bali, Indosat berupaya merealisasikan teknologi serupa di beberapa lokasi di Indonesia. Melalui upaya modernisasi dan refarming jaringan, diharapkan kecepatan akses data yang lebih baik bisa dirasakan secara lebih luas.

Hingga kini proses modernisasi dan refarming jaringan diakui masih berjalan di beberapa lokasi. Namun fokusnya kini tengah di diupayakan di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Bandung, Jogja, Sukabumi, Surabaya, dan Jakarta.

"Beberapa kota besar di Pulau Jawa diharapkan rampung akhir tahun 2013, menyusul beberapa kota lain di Pulau lain. Proses modernisasi yang kami lakukan bukan hanya peremajaan perangkat, tapi juga peningkatan teknologi dan cakupan coverage yang lebih baik dari sebelumnya," pungkas Ginandjar Alibasjah, Group Head Technology Operations Infrastructure Indosat di Nusa Dua, Bali, Kamis (19/9/2013).

Menurut Ginandjar, rencananya teknologi serupa bisa dimanfaatkan di lebih dari 50% titik. Setelah proses modernisasi dan refarming selesai, masih dibutuhkan waktu lagi untuk aktivasi jaringan U900 baik di kota besar di Pulau Jawa maupun di Pulau lain.

Untuk Pulau Jawa diharapkan proses refarming selesai pada awal tahun 2014. Nantinya semua pelanggan bisa memanfaatkan jaringan 3G U900 dengan cakupan jangkauan yang lebih luas dan bandwith lebih besar.

"Jika selsai dengan UMTS, target Indosat berikutnya menyediakan jaringan 4G yang sudah mulai diuji coba sejak 2012 lalu. SEtelah selesai dengan proses modernisasi lebih dari 1500 BTS di Bali, fokus kami selanjutnya kini melakukan refarming dan modernisasi untuk 25 ribu BTS di seluruh Indonesia," tambah Ginandjar. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.