Sukses

Selamat Tinggal, Apple Hentikan Produksi iPhone 5

Apple memutuskan untuk menghentikan produksi smartphone andalannya yang dirilis tahun 2012 itu dan menggantinya dengan iPhone 5S dan 5C.

Bagi Anda yang berencana membeli smartphone iPhone 5, tampaknya Anda harus mengubur dalam-dalam rencana itu. Ucapkan selamat tinggal pada iPhone 5. Setelah hampir satu tahun bersaing di pasar smartphone global, iPhone 5 akhirnya akan 'dimatikan'.

Apple memutuskan untuk menghentikan produksi smartphone andalannya yang dirilis tahun 2012 itu dan menggantinya dengan iPhone terbaru, iPhone 5S dan 5C. Ini berarti siklus hidup iPhone 5 terbilang sangat pendek diantara jajaran iPhone generasi sebelumnya, hanya satu tahun.

Tak heran jika Apple melakukan strategi ini. Sebab Apple baru saja memperkenalkan iPhone terbarunya hari ini, yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C, versi iPhone 5 yang lebih murah.

iPhone 4S digratiskan

Selain menghentikan iPhone 5, iPhone 4 juga akan dihentikan mengingat ponsel pintar ini sudah cukup lawas di pasaran. Namun, iPhone 4S masih tetap akan diproduksi.

Menurut laman Ubergizmo yang dikutip Rabu (11/9/2013), bagi Anda yang ingin mendapatkan iPhone 4S super murah, Apple kini menggratiskan iPhone 4S 8 GB. Pembeli tidak perlu membayar uang muka untuk mendapatkan iPhone 4S asalkan bersedia terikat kontrak selama dua tahun dengan operator.

Sudah menjadi tradisi, setiap kali Apple merilis iPhone baru maka Apple akan memangkas harga iPhone generasi sebelumnya. Daripada melakukan hal itu pada iPhone 5, Apple lebih memilih 'membunuh' iPhone 5 dan fokus memasarkan iPhone terbarunya.

Lagi pula masuk akal jika Apple menghentikan iPhone 5, karena jika iPhone tersebut tetap dijual maka bisa merusak penjualan iPhone 5C. Apple tidak mungkin bisa menjual dua iPhone dengan harga yang hampir sama.

iPhone 5C dibuat dari bahan plastik polycarbonate, bukan metal seperti iPhone 5. iPhone 5C lebih murah dari iPhone 5. Versi 16 GB dibanderol USD 99 atau Rp 1 jutaan dan USD 199 atau Rp 2 jutaan untuk yang berkapasitas 32 GB. Harga tersebut dengan kontrak operator selama 2 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.