Sukses

Tampil Perdana di China, Eks Bos Android Disambut Bagai Bintang

Para penggemar Barra bahkan sampai mengangkat glowstick, yang menjadikan acara peluncuran tak jauh layaknya konser musik.

Beberapa waktu lalu, kejutan dibuat oleh petinggi Android di Google, Hugo Barra. Vice President of Product Management Android itu memilih untuk meninggalkan Google demi berlabuh ke vendor smartphone asal china bernama Xiaomi.

Dilansir dari laman The Verge, Jumat (6/9/2013), Hugo Barra sudah resmi diperkenalkan oleh Xiaomi. Barra bahkan tampil saat Xiaomi merilis produk smartphone dan televisi terbarunya. Di atas panggung, Barra terlihat atraktif dalam mendampingi CEO Xiaomi Lei Jun.

Menariknya, para fans Google dan Hugo Barra juga menyambutnya secara meriah. Acara peluncuran produk Xiaomi ini disebut ramai layaknya karnaval atau pesta. Para penggemar Barra bahkan sampai mengangkat glowstick, yang menjadikan acara peluncuran tak jauh layaknya konser musik.

Dalam kesempatan itu, CEO Xiaomi Lei Jun menjelaskan kalau Barra akan mulai aktif di Xiaomi mulai Oktober sebagai Vice President. Saat tampil Barra memang terlihat mengalami kesulitan dalam bahasa, dan butuh bantuan Jun. Tapi Barra mengaku akan mempelajari bahasa China untuk memudahkannya dalam berinteraksi.

Xiaomi memang memiliki pasar yang cukup besar di China. Tapi Xiaomi masih kalah bersaing dengan perusahaan besar seperti Huawei, Lenovo, juga ZTE. Tentu Hugo Barra akan memiliki peran besar untuk mengangkat pamor dan nama Xiaomi, terutama jika ingin masuk ke pasar global.

Hugo Barra bergabung dengan Google pada 2008. Kabar bergabungnya Barra dengan Xiaomi diungkap Barra di Google+ miliknya. Saat itu, banyak yang menganggap Barra membuat keputusan yang tak masuk akal.

Ini menyebabkan muncul isu adanya 'api asmara' yang menjadi alasan Barra hengkang dari Google. Barra memang dikabarkan pernah menjalin hubungan dengan pengembang Google Glass, Amanda Rosenberg. Tapi Rosenberg kini dirumorkan menjalin hubungan dengan pendiri Google Sergey Brin.

Meski rumor asmara begitu kencang, Barra tentu tetap memiliki tanggung jawab besar di perusahaan barunya. Hubungan Barra dengan Google pun akan terus berlanjut, karena Xiaomi juga menjadi salah satu vendor yang menggunakan sistem operasi Android. Selamat menjalani hidup baru, Hugo Barra! (gal)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

Video Terkini