Sukses

Vidio Raih Posisi 10 Besar di GenAI Hackathon Asia Pasifik, Hadirkan Layanan Chatbot yang Bisa Deteksi Bahasa Daerah

Vidio buktikan inovasi AI mereka dengan meraih 10 besar di GenAI Hackathon Asia Pasifik lewat chatbot AI Vidio yang memiliki kemampuan personalisasi hingga dukungan bahasa daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Vidio berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih posisi 10 besar dalam GenAI Hackathon APAC Edition 2024. Kompetisi ini diselenggarakan leh Google Cloud dan Hack2Skill sebagai ajang unjuk gigi kemajuan teknologi kecerdasan buatan AI terkini.

Dalam kompetisi yang diikuti lebih dari 38.000 peserta dengan 2.400 ide ini, Vidio menghadirkan Vidio Chatbot AI yang mampu berkomunikasi dua arah secara personal layaknya manusia.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (10/5/2024), keunggulan chatbot ini terletak pada kemampuannya mendeteksi bahasa daerah di Indonesia, menjadikannya solusi efektif untuk menjembatani keragaman dan keterbatasan literasi di negara berkembang.

Tidak hanya itu, Vidio Chatbot AI juga mampu memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, mulai dari topik layanan pelanggan hingga rekomendasi film, serial, dan permainan yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Layanan chatbot AI dari Vidio ini juga mampu melayani jutaan pengguna secara bersamaan, bahkan saat streaming berlangsung, sehingga tetap bisa memastikan interaksi yang lancar tanpa gangguan.

"Solusi inovatif mereka menunjukkan bakat dan dedikasi yang luar biasa, dan kami berharap ke depannya dapat menjadi bagian dari perjalanan Vidio," tutur Country Director Google Cloud Indonesia Fanly Tanto.

Menurut VP Engineering Vidio Hendyanto Cheng, pencapaian ini menggarisbawahi komitmen perusahaan terhadap inovasi dan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan interaksi yang bermakna dengan para pengguna.

"Vidio ChatBot AI adalah kemajuan signifikan dalam membangun keterlibatan dengan pelanggan, menawarkan pengalaman seamless seperti halnya berinteraksi dengan manusia, bahkan dengan bahasa daerah, dan terpersonalisasi yang disesuaikan untuk setiap individu," tuturnya.

Adapun kompetisi ini diikuti oleh tim Product & Engineer Vidio yang beranggotakan Tito Pandu Brahmanto, Herbert Abdillah Notowidjoyo, Pinto Luhur Karsanda, dan Muhammad Zaid Dzulfikar.

Keberhasilan Vidio sebagai top 10 finalis akan membawanya menjadi pembicara dalam Google Cloud Summit yang akan digelar di Jakarta pada 28 Mei 2024.

Dalam acara itu, Vidio akan berbagi ilmu tentang cara mereka menjadi OTT platform di Indonesia memanfaatkan AI generatif dari Google Cloud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nikmati Hiburan Premium Vidio Gratis Selama Penerbangan Lewat Aplikasi Tripper

Sebelumnya, Vidio mengumumkan telah menandatangi kerja sama strategis dengan Tripper, penyedia solusi hiburan dalam penerbangan. Kolaborasi ini menandai Langkah besar dalam meningkatkan kualitas hiburan di udara.

Vidio sendiri saat ini disebut sebagai platform OTT (Over-the-Top) dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia, menurut laporan Media Partners Asia (MPA) Asia Pacific Video & Broaband Industry 2024. Performanya pun mengungguli platform OTT global dan regional lainnya.

 Dengan kolaborasi bersama Tripper, Vidio akan menghadirkan pengalaman hiburan tanpa berbayar bagi penumpang yang bepergian dengan sejumlah maskapai pilihan, termasuk Batik Air, Pelita Air, dan Super Air Jet.

"Akses konten-konten hiburan eksklusif Vidio yang tersedia pada sistem hiburan penerbangan Tripper, memungkinkan penumpang menikmati hiburan favorit dan menambah kenyamanan perjalanan udara setiap penumpang," tutur Vice President Business Development Vidio Yoseph Christianto dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (10/5/2024).

3 dari 3 halaman

Hadirkan Beragam Konten Menarik

Nantinya, pengguna aplikasi Tripper bisa mengakses secara eksklusif berbagai perpustakaan konten Vidio. Konten yang tersedia pun beragam meliputi sejumlah kategori popular seperti Original Series, FTV, Sports, Sinetron, Mini Series, Music Concert, dan News.

"Adanya konten-konten dari Vidio yang sekarang hadir di aplikasi Tripper dapat memberikan hiburan spesial untuk penumpang saat terbang, tentunya penumpang juga tidak bosan selama perjalanan karena adanya konten dari Vidio membuat hiburan semakin bervariatif," tutur Content Sourcing Director Tripper Kareen S. Mahtani.

Aplikasi Tripper sendiri sekarang sudah tersedia di App Store, Google Play Store, dan Huawei App Galery. Jadi, pengguna pun semakin dimudahkan untuk mengakses berbagai konten ekslusif Vidio Ketika melakukan penerbangan.

"Mengutamakan aspek penting dalam kebutuhan pengguna aplikasi Tripper serta tentunya meningkatkan layanan hiburan di dalam pesawat, dengan hadirnya Vidio di aplikasi Tripper dapat memberikan pengalaman baru bagi penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat," tutur Chief Marketing Officer Tripper Andy Adrian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.