Sukses

Nokia Lumia Bangkit dari Kubur! Bawa Desain Ikonik dan Spesifikasi Menggiurkan

HMD Global dikabarkan akan membangkitkan kembali lini Nokia Lumia yang pernah menjadi primadona di zamannya.

Liputan6.com, Jakarta - Nokia bakal menghidupkan kembali lini ponsel legendarisnya. Kali ini bukan dari seri ponsel jadul (feature phone) dirilis ulang, namun seri Lumia yang dulu menjadi primadona.

HMD Global selaku pemegang lisensi ponsel Nokia dikabarkan akan merilis seri Lumia yang pernah populer di tahun 2010-2014.

Alih-alih menggunakan OS Windows Mobile, Nokia Lumia baru ini akan menggunakan Android 14 sebagai sistem operasinya.

Laporan dari Kuai Technology dan ITHome menyebut, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Rabu (22/5/2024), HMD Global tengah mengembangkan versi replika Nokia Lumia dengan desain kotak.

Diberi nama "Fabula", HP Android ini akan memiliki ciri khas Nokia Lumia yang dulu pernah menjadi idaman pengguna ketika mencari alternatif ponsel Android dan iOS.

Menurut bocoran, Nokia Lumia baru akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 yang menawarkan performa ngebut di kelas mid-range.

Di segi layar, HP Android Nokia ini bakal hadir dengan panel AMOLED beresolusi FHD+ dan mendukung refresh rate 120Hz.

Tak berhenti di situ, Nokia Lumia baru ini akan memiliki setup kamera belakang beresolusi 108MP dengan kamera 2MP. Untuk kamera depan, HP ini menggunakan sensor 32MP untuk mengakomodir foto selfie dan video call yang jernih.

Mirip dengan ponsel kelas menengah lainnya, HP ini akan ditenagai dengan baterai berkapasitas 4900mAH dengan kemampuan pengecasan cepat 33W.

Kombinasi chipset hemat daya dan baterai besar ini diharapkan bakal menghadirkan kemampuan daya tahan baterai yang tahan lama, serta dengan kemampuan pengecasan yang cepat, baterai HP Nokia ini dapat diisi dengan lebih cepat.

Tambahan, HP Lumia ini akan dibekali dua speaker stereo berteknologi OZO Audio untuk berikan pengalaman mendengarkan musik dengan lebih jelas.

Langkah HMD Global untuk merilis kembali Nokia Lumia membuktikan janji perusahaan untuk terus menghadirkan seri HP Nokia legendaris, disamping merilis ponsel mereka sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nokia 3210 Bakal Hadir Kembali dengan Versi 2024 yang Lebih Canggih

Meski bakal menghadirkan smartphone legendaris Lumia, HMD Global masih menghadirkan lini ponsel jadul Nokia yang dulu menjadi idola, salah satunya adalah Nokia 3210.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (9/5/2024), Nokia 3210 tampil desain yang mirip dengan Nokia 6310 versi 2024. Ponsel ini memiliki layer TFT LCD berukuran 2,4 inci dengan resolusi QVGA.

Ponsel ini memiliki kamera belakang beresolusi 2MP dengan LED flash. Perangkat ini menjalankan sistem operasi S30+ yang mendukung Cloud Apps.

HP Nokia ini dipersenjatai dengan chipset Unisoc T107 yang dipadukan dengan RAM 64MB dan memori 128MB. Memori ini bisa diperluas hingga 32GB berkat kehadiran slot microSD.

HMD Global turut membekali ponsel ini dengan Bluetooth 5.0, headphone jack 3,5mm, FM radio, hingga game ikonik Snake. Ponsel ini memiliki baterai lepas-pasang berkapasitas 1.450mAh, serta bisa diisi melalui port USB-C.

Nokia 3210 2024 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni grunge black, Y2K gold, dan subba blue. Ponsel ini dibanderol dengan Harga 89 euro atau sekitar Rp 1,4 juta.

Sebagai informasi, kehadiran 3210 ini sudah diketahui sejak pekan lalu. Disebutkan, kalau ponsel ini bakal memiliki kamera belakang, layar yang lebih besar, dan keypad yang disesuaikan dengan desain baru.

Bisa dikatakan, 3210 ini bukan penyegaran dari ponsel lama tetapi desain ulang yang lebih modern. Terlebih, Nokia 3210 merupakan salah satu ponsel ikonik Nokia.

3 dari 4 halaman

Nokia 225 Versi Terbaru Segera Rilis, Cek Spesifikasi dan Harganya

Perusahaan Produsen Nokia, HMD Global, akan merilis Nokia 225 4G. HP ini menghadirkan desain jadul dengan konektivitas 4G.

Meski HMD Global tidak lagi berfokus merilis smartphone dengan brand Nokia, perusahaan asal Finlandia ini masih konsisten untuk membuat ponsel rebranding dari lini HP jadul legendaris dari Nokia.

Terbaru, ada bocoran mengenai desain dan pilihan warna dari Nokia 225 4G yang tak lama lagi akan rilis.

Laporan dari Android Headlines, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Kamis (24/4/2024), Nokia 225 versi terbaru ini memiliki desain ala feature phone dengan layar berukuran 2.4 inch yang ditemani dengan keyboard alphanumeric yang khas.

Spesifikasi lain yang dimiliki oleh ponsel ini adalah penyimpanan sebesar 128MB dengan RAM 64MB. Tak hanya itu, HP Nokia ini menggunakan baterai berkapasitas 1,450mAh.

Untuk urusan fotografi, HP Nokia ini memiliki kamera belakang beresolusi 3MP dengan LED FLash yang membantu menangkap foto di kondisi remang cahaya.

Fitur modern yang dimiliki oleh ponsel ini adalah penggunaan port USB-C yang kini juga diterapkan pada iPhone terbaru, yakni iPhone 15.

Nokia 225 4G dirumorkan akan rilis di pasar Eropa dan Afrika. Berdasarkan laporan, kedua wilayah tersebut masih memiliki minat yang tinggi terhadap feature phone yang tidak memiliki segudang fitur layaknya smartphone.

Soal harga, dirumorkan ponsel ini akan dijual dengan banderol harga 100 euro atau sekitar Rp 1,7 juta. Ponsel ini akan dijual mulai Mei 2024 di kedua wilayah tersebut.

4 dari 4 halaman

3 HP Lama Nokia Bakal Rilis Lagi

Tak hanya hadirkan Nokia 225 4G, HMD Global juga dikabarkan akan merilis beberapa ponsel legendaris Nokia.

Ponsel yang akan 'dibangkitkan' oleh HMD Global ialah Nokia 6310, Nokia 5310, dan Nokia 230. Adapun ketiga ponsel Nokia ini cukup populer saat dirilis pertama kali.

Masih menggunakan nama sama saat dirilis pada tahun 2001, 2007, dan 2015, ketiga HP Nokia versi 2024 ini mendapatkan peningkatan sehingga lebih modern.

Nokia 6310, Nokia 5310, dan Nokia 230 sama-sama sudah dilengkapi dengan prosesor Unisoc 6531F, layar IPS QVGA 2,8 inci, baterai 1.450mAh (bisa dicopot pasang), dan port USB-C.

Ketiga ponsel ini juga sudah didukung dengan RAM 8MB dan memori internal 16MB, yang dapat diperluat hingga 32GB via kartu microSD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.