Sukses

Harga HP Flagship Android 2025 bakal Lebih Mahal Gara-Gara Snapdragon 8 Gen 4?

Smartphone flagship Android 2025 dikabarkan bakal memiliki banderol harga lebih tinggi dari flagship tahun 2024. Snapdragon 8 Gen 4 menjadi biang kerok dari mahalnya ponsel flagship nantinya.

Liputan6.com, Jakarta - HP Android diprediksi bakal lebih malah lagi, terutama yang seri flagship, di mana harga dari ponsel ini sudah terbilang sangat mahal.

Beberapa laporan menyebutkan kenaikan harga tersebut gara-gara prosesor Snapdragon 8 Gen 4 yang akan mentenagai HP flagship tahun 2025.

Menurut bocoran di Weibo, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (22/5/2024), mengungkapkan bahwa harga Snapdragon 8 Gen 4 dipastikan bakal meningkat secara signifikan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa salah satu pabrikan kemungkinan tidak akan merilis ponsel lini Pro yang akan datang karena kenaikan harga chipset tersebut.

Masih belum ada bocoran pasti terkait kenaikan harga SoC itu, namun hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi produsen ponsel Android kelas atas.

Sebagai informasi, System On a Chip (SoC), atau yang sering dibilang sebagai prosesor smartphone adalah salah satu komponen dengan biaya terbesar dalam pembuatan ponsel, sehingga peningkatan yang signifikan dalam hal ini dapat menimbulkan konsekuensi yang cukup serius.

Beberapa produsen smartphone dapat memilih untuk merespons kenaikan harga seperti ini dengan beberapa cara.

Salah satu solusi paling umum bagi vendor HP Android adalah dengan hanya menaikkan harga perangkat, sehingga membebankan biaya kepada konsumen.

Kendati demikian, beberapa produsen juga bisa melakukan pengurangan di bidang lain, misalnya kamera, kualitas bodi jika mereka ingin mempertahankan harga yang sama.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Bagaimana pun, ini bukan pertama kalinya Qualcomm memberikan kenaikan harga yang besar untuk chip kelas atas mereka.

Salah satu contohnya adalah peningkatan harga chip Snapdragon 865 dengan modem 5G eksternal. Menurut kabar yang beredar harga dari prosesor ini terbilang cukup mahal.

Seorang eksekutif Xiaomi mengkonfirmasi pada tahun 2020 biaya prosesor dan modem untuk Xiaomi Mi 10 yang mengadirkan Snapdragon 865 5G memiliki banderol harga dua kali lipat dari Xiaomi Mi 9 yang menjalankan Snapdragon 855.

Peningkatannya tak main-main, harga dari Mi 10 meningkat hingga Rp 2 juta lebih mahal dari generasi sebelumnya.

Meski memiliki banderol lebih tinggi, Snapdragon 8 Gen 4 akan menjadi chipset smartphone pertama dengan teknologi CPU Oryon buatan Qualcomm sendiri, yang menjanjikan lompatan besar dalam performa dibandingkan iPhone Apple.

Jadi, konsumen yang peduli dengan performa tinggi mungkin ingin mempertimbangkan harga ponsel yang menggunakan chipset ini.

3 dari 4 halaman

Snapdragon 8 Gen 4 Bakal Hadirkan Performa Tinggi

Menurut rumor yang beredar, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 bakal memberikan peningkatan performa signifikan dari generasi sebelumnya.

Prosesor ini akan memiliki dua core performa tinggi dan enam core performa menengah yang berbasis fabrikasi 3nm dari TSMC.

Sebelumnya, Qualcomm mengkonfirmasi Snapdragon 8 Gen 4 bakal diluncurkan pada Oktober 2024 mendatang. Ada pula rumor yang menunjukkan kalau smartphone pertama dengan prosesor ini adalah Xiaomi.

Sebagian besar laporan mengatakan chip ini akan memiliki benchmark yang jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Namun, berdasarkan skor benchmark dari purwarupa perangkat yang menggunakan chipset ini, hasilnya ternyata tidak berbeda jauh. 

Kendati demikian, leaker Tiongkok Digital Chat Station mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (10/5/2024) mengungkapkan kalau purwarupa tersebut hanya menggunakan core efisiensinya saja, tidak termasuk core performa.

Leaker tersebut juga mengklaim, inti dalam chipset Snapdragon terbaru itu berjalan pada kecepatan antara 3,6GHz dan 4,0GHz.

Snapdragon 8 Gen 4 mencatatkan skor Geekbench sekitar 2.700 pada pengujian single-core, dan 10.000 pada pengujian multi-core. Skor tersebut merupakan peningkatan signifikan bila dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3 di Galaxy S24 Ultra, dengan skor 2.187 and 6.669.

Berdasarkan informasi dari leaker tersebut, kemungkinan Qualcomm masih akan meningkatkan kemampuan dari chipset tersebut, sehingga skor benchmark yang dihasilkan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

4 dari 4 halaman

HP Android Asal China yang Pakai Snapdragon 8 Gen 4

Berdasarkan laporan sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 4 dijadwalkan akan debut dalam ajang tahunan Qualcomm tahun ini, yaitu Snapdragon Summit 2024.

Adapun Snapdragon 8 Gen 4 ini akan terpasang di tiga merek ponsel baru yang rilis di awal tahun depan.

Akun media sosial (medsos) X Yogesh Brar menulis, Xiaomi akan menjadi produsen pertama yang akan meluncurkan ponsel dengan chipset baru Qualcomm ini.

Setelah Xiaomi, OnePlus dan iQOO akan menjadi produsen HP Android selanjutnya yang akan meluncurkan ponsel dengan chipset penerus Snapdragon 8 Gen 3 tersebut.

Mengutip unggahan Yogesh Brar (@heyitsyogesh), Kamis (25/4/2024), chipset Snapdragon 8 Gen 4 akan terpasang di Xiaomi 15/15 Pro, OnePlus 13, dan iQOO 13.

Seperti debut Xiaomi 13 sebelumnya, ponsel baru Xiaomi ini akan meluncur pertama kali di pasar China sebelum akhirnya Xiaomi 15 dan 15 Pro rilis secara global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.