Sukses

iPad Pro 2024 Tampil dengan Layar Lebih Canggih dan Chipset Gahar, Harganya?

Apple meluncurkan iPad Pro 2024 dengan layar canggih, chipset super cepat, dan berbagai fitur canggih lainnya. Dapatkan informasi lengkap tentang spesifikasi, harga, dan pre-order di sini!

Liputan6.com, Jakarta - iPad Pro 2024 akhirnya diumumkan oleh Apple dalam acara live streming bertajuk "Let Loose" pada Selasa malam, 7 Mei 2024.

iPad Pro 2024 sendiri tampil dengan dua ukuran layar--seperti iPad Air 2024, yakni 11 inci dan 13 inci. Berbeda dari generasi sebelumnya, tablet baru Apple ini tampil dengan desain lebih fresh.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menyematkan hardware kelas atas, dan peningkatan besar-besaran di panel layar kedua iPad Pro versi 2024.

"Hari ini, kami melangkah lebih jauh dengan iPad Pro baru, sangat tipis dan ringan, pembaruan terbesar kami untuk iPad Pro,” kata John Ternus, Senior Vice President of Hardware Engineering Apple.

Lalu seperti apa spesifikasi dan harga iPad Pro 2024 ini? Cek lengkapnya di bawah ini.

Sesuai rumor yang beredar, Apple menggunakan layar OLED di kedua tablet barunya ini dengan menyebutnya Ultra Retina XDR Display.

Peningkatan di layar ini sangat besar, di mana pada seri iPad Pro sebelumnya raksasa teknologi tersebut hanya menggunakan panel miniLED.

Berbekal panel baru tersebut, Apple mengklaim layar iPad Pro baru mereka akan menampilkan warna hitam lebih pekat, saturasi lebih kaya, dan kontras ditingkatkan.

Dijelaskan, layar tablet baru Apple ini memiliki struktur panel OLED tandem yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan 1.000 nits dan 1.600 nits saat menampilkan konten HDR.

Menariknya, perusahaan tidak menggunakan chipset M3 untuk lini iPad Pro baru ini. Alih-alih, Apple memasangkan chip M4 yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih cepat dibandingkan M2.

Apple menjelaskan, chipset M4 ini dibangun berdasarkan arsitektur GPU M3 yang sudah dilengkapi sejumlah fitur canggih mulai dari Dynamic Caching hingga Ray Tracing.

Tak hanya itu, perusahaan juga sudah melengkapi chip M4 ini dengan Neural Engine paling canggih buatan mereka. Apple mengklaim, NPU miliknya ini mampu melakukan 38 triliun operasi per detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamera di iPad Pro 2024

<p>iPad Pro 2024 Tampil dengan Layar Lebih Canggih dan Chipset Super Cepat. (Doc: Apple)</p>

Dari sisi desain, iPad Pro 13 inci ini hanya memiliki ketebalan 5.1 mmm--menjadikannya perangkat paling tipis milik Apple. Sementara untuk model 11 inci, tablet ini memiliki ketipisan hingga 5.3mm.

Kamera di tablet baru Apple ini juga mengalami peningkatan, di mana pengguna akan menemukan kamera berkemampuan 12MP dapat memotret dan merekam video Smart HDR.

Apple juga melengkapi lini tablet premiumnya ini dengan flash True Tone adapatif baru. Dijelaskan, flash ini dapat memudahkan pengguna bila ingin memindai dokumen pakai iPad Pro baru.

Berbekal AI, iPad Pro akan secara otomatis mengidentifikasi dokumen dan mendeteksi apakah ada bayangan. Bila ada, maka iPad Pro mengambil banyak foto dan menyatukannya sehingga hasil pemindaian terlihat lebih jelas.

Di kamera selfie, Apple memindahkan tata letak lensa TrueDepth ke posisi lanskap dan memasang kamera Ultra Wide 12MP.

Seperti lini iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, tablet baru Apple ini sudah dilengkapi konektor USB-C dan sudah mendukung Thunderbolt 3 dan USB 4.

Tablet ini hadir dalam varian warna silver dan space black.

 

3 dari 3 halaman

Harga iPad Pro

<p>iPad Pro 2024 dengan ukuran layar 11 inci dan 13 inci. (Doc: Apple)</p>

Seperti iPad Air 2024, tablet baru Apple ini juga sudah bisa dipesan 7 Mei dan baru dijual di toko Apple seminggu setelahnya atau pada 15 Mei mendatang.

Bagi fanboy Apple yang tertarik membeli, perusahaan menyediakan empat varian kapasitas penyimpanan dan konektifitas. Cek lengkapnya di bawah ini.

  • iPad Pro 2024 11 inch WiFi : USD 999 atau Rp 16 juta
  • iPad Pro 2024 11 inch WiFi + Seluler : USD 1.199 atau Rp 19,2 juta
  • iPad Pro 2024 13 inch WiFi : USD 1.299 atau Rp 20,8 juta
  • iPad Pro 2024 13 inch WiFi + Seluler :USD 1.499 atau Rp 24,1 juta

Sedangkan untuk harga Apple Pencil Pro dibanderol USD 129 atau Rp 2 juta, dan Magic Keyboard dijual USD 299 atau Rp 4,8 juta (11 inch) dan USD 349 atau Rp 5,6 (13 inch).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini