Sukses

Telkomsel Kini Hadirkan Layanan eSIM, Begini Cara Aktivasinya

Tertinggal dari operator seluler lainnya yang sudah hadirkan eSIM sejak tahun lalu, Telkomsel kini hadirkan layanan eSIM yang memungkinkan pengguna bisa pilih nomor dan begini cara aktivasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah resmi meluncurkan layanan eSIM alias Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri.

eSIM sendiri merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan mengakses seluruh jaringan Telkomsel baik itu 2G, 4G, dan 5G tanpa kartu SIM fisik.

Layanan ini dirancang untuk mengoptimalkan fitur multi-SIM di perangkat telekomunikasi. eSIM menghadirkan pengalaman digital yang seamless, mudah, dan praktis.

eSIM Telkomsel sendiri hadir dengan beragam opsi paket yang bisa dipilih. Selain itu, pelanggan bisa memilih nomor sendiri sesuai ketersediaan.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan, menyebutkan, kehadiran eSIM Telkomsel merupakan respon terhadap ketersediaan handset yang mulai banyak mengadopsi fitur eSIM. Selain itu, kebutuhan dan permintaan dari pelanggan juga jadi alasan Telkomsel hadirkan layanan non-kartu fisik ini.

“Telkomsel menghadirkan solusi inovatif yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang dinamis tetapi juga merespon terhadap ketersediaan handset yang telah mengadopsi fitur dan teknologi eSIM yang memprioritaskan kemudahan dan kepraktisan," kata pria yang karib disapa Nugie, dikutip dari keterangan Telkomsel, Minggu (7/4/2024).

Nugie berharap kehadiran eSIM bisa memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan digital.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembelian dan Aktivasi

  • Adapun pembelian dan registrasi eSIM Perdana Telkomsel dapat dilakukan secara online kapan pun melalui tsel.id/esim.
  • Pelanggan dapat memilih nomor yang diinginkan sesuai ketersediaan, beserta Paket eSIM yang sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya, setelah berhasil membeli, pelanggan akan menerima email untuk aktivasi eSIM dengan kode QR yang dapat dipindai dan disimpan sebagai gambar, manual atau aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Lalu, pelanggan dapat melakukan registrasi melalui tautan ke halaman registrasi SIM dengan nomor yang sudah terisi sebelumnya.
  • Saat registrasi SIM, pelanggan diharuskan melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK) sebagai bagian dari proses pendaftaran. Sesuai regulasi Pemerintah, tiap KTP dan No. KK hanya dapat digunakan maksimal untuk 3 nomor eSIM.

 

 

3 dari 4 halaman

1 Barcode eSIM Hanya untuk 1 Perangkat

Perlu diingat, eSIM Telkomsel membutuhkan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan tidak dapat digunakan pada lebih dari 1 perangkat.

Kode QR dari 1 nomor yang sudah dipindai dan terpasang di 1 perangkat, tidak dapat dipindai kembali di perangkat lainnya.

Untuk dapat menggunakan kode QR di perangkat lain, pelanggan harus menghapus eSIM pada perangkat pertama.

4 dari 4 halaman

Pilihan Paket Perdana untuk eSIM

  • Paket Telkomsel Prabayar, paket perdana yang dirancang untuk menjaga pemakaian pulsa dan konsumsi data dari kouta internet nasional dan lokal, sesuai lokasi pembelian kartu perdana.
  • Kartu perdana Paket Halo+ (pascabayar) memungkinkan pelanggan mendapatkan berbagai benefit. Mulai dari kuota semua jaringan, untuk data, SMS, telepon, roaming, hingga kemudahan pembayaran tagihan di berbagai channel pembayaran.

Pelanggan Halo+ juga bisa mendapatkan kuota data yang lebih besar dan bebas akses sejumlah layanan premium OTT. Lebih lanjut, proses registrasi dan migrasi ke Halo+ pun semakin mudah melalui telkomsel.com atau GraPARI terdekat.

  • Perdana eSIM Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan eSIM Telkomsel dapat tetap terkoneksi layanan roaming internasional dengan kuota data roaming 10 GB dan masa berlaku 7 hari, serta aktivasi layanan instan saat bepergian ke lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Pelanggan dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#.

Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com dan GraPARI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.