Sukses

Batas Lapor SPT Sebentar Lagi, Ini Cara Bayar SPT Kurang Bayar di Tokopedia

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara pembayaran SPT Kurang Bayar di Tokopedia menjelang berakhirnya laporan SPT.

Liputan6.com, Jakarta - Batas waktu lapor SPT Pajak 2023 akan semakin dekat, yakni 31 Maret 2024 untuk Wajib pajak Orang Pribadi dan 30 April 2024 untuk Wajib Pajak Badan. Pelaporan SPT sendiri menjadi wajib kewajiban setiap tahun.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk melaporkan SPT sebelum batas waktu tersebut agar terhindar dari sanksi. Nah, sebagai salah satu cara membayarkan PPh 29 atau SPT Kurang Bayar, Tokopedia sebenarnya sudah menyiapkan opsi terebut.

Lewat fitur Pajak Online, masyarakat bisa membayar berbagai jenis pajak termasuk Pajak Penghasilan (PPh 21,PPh 22, PPh 23, PPh 24, PPh 25, dan PPh 29). Fitur ini merupakan sinergi antara Tokopedia dan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

"Transaksi melalui fitur Pajak Online berkontribusi lebih dari 70 persen dari total transaksi lewat MPN di Tokopedia," tutur Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/3/2024).

Menurut Astri, digitalisasi layanan publik sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas serta transparansi. Karenanya, Tokopedia pun terus berupaya untuk berkolaborasi dan berinovasi bersama mitra strategis khususnya pemerintah dalam mempermudah masyarakat mengakses layanan publik.

Untuk mengetahui cara membayar SPT Kurang Bayar di Tokopedia pun terbilang cukup mudah. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Ketik MPN/Bayar SPT di kolom pencarian Tokopedia
  • Setelahnya, masuk ke halaman MPN dan pilih Pajak Online
  • Masukkan kode billing dari situs pajak.go.id, lalu selesaikan pembayaran di Tokopedia
  • Setelah transaksi berhasil, pengguna akan menerima BPN (Bukti Penerimaan Negara) yang sah

Untuk diketahui, batas akhir pembayaran pajak adalah sebelum lapor SPT. Masyarakat dapat membayar pajak melalui berbagai cara seperti bank persepsi, kantor pos atau lembaga persepsi lain seperti marketplace, fintech, serta retailer.

DJP sendiri menyediakan beragam layanan untuk kemudahan pelaporan SPT. Layanan itu di antaranya asistensi pengisian SPT dengan beragam kanal komunikasi, baik melalui interaksi media sosial, percakapan daring, telepon, hingga pojok pajak yang dibuka di pusat keramaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tokopedia Ungkap Deretan Produk Terlaris Sepanjang 2023, Ada yang Catat Kenaikan 3 Kali Lipat

Sebelumnya, Tokopedia mengungkap soal tren belanja online sepanjang 2023 yang terjadi di platformnya. Sepanjang tahun ini, ternyata ada bebeberapa kategori produk yang terbilang laris dibeli oleh konsumen.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (29/12/2023), Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menuturkan, kategori paling laris di platformnya sepanjang 2023 adalah rumah tangga & groceries yang mencakup makanan dan minuman, serta kecantikan dan perawatan tubuh.

Dijelaskan lebih lanjut, jumlah penjual dan transaksi Tokopedia di berbagi wilayah di Indonesia juga meningkat. Tercatat, Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan), dan Tanggamus (Lampung) mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

Sementara wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi belanja online di tahun ini, ada Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua), dan Lombok Utara (NTB). Rata-rata peningkatan di tiga wilayah itu hampir 2 kali lipat.

"Tokopedia juga mencatat pengiriman terjauh pada 2023 terjadi dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda," tutur Aditia. Untuk kategori produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, ada beberapa produk yang mengalami transaksi dengan peningkatan tertinggi.

Beberapa produk tersebut adalah parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat. Tokopedia mengungkap rata-rata kenaikan lebih dari 2 kali lipat.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Transaksi di Produk Rumah Tangga

Untuk produk Rumah Tangga, marketplace ini mencatat beberapa produk yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi yakni alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta, dengan rata-rata peningkatan kenaikan 2,5 kali lipat.

Lalu di kategori makanan dan minuman, produk terlaris di Tokopedia di 2023 adalah air mineral, seafood, dan beras. Rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.

"Temuan menarik lain adalah sepanjang tahun 2023 ada peningkatan transaksi hampers sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022. Ini memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers," ujar Aditia. 

4 dari 4 halaman

Fitur Baru Tokopedia Sepanjang 2023

Tidak hanya itu, sepanjang 2023, Tokopedia juga telah meluncurkan beberapa fitur untuk memudahkan para pengguna berbelanja online. Salah satu fitur yang diluncurkan adalah Multiple Product Search atau Cari Sekaligus.

Lewat fitur ini, konsumen bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan. Konsumen juga akan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus.

Lalu, ada pula fitur Buy More Save More atau Beli Banyak Lebih Hemat. Dengan fitur ini, konsumen bisa membeli lebih banyak untuk mendapatkan diskon lebih besar.

Tokopedia turut meluncurkan fitur ramah penyandang buta warna. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan defisiensi penglihatan warna, memilih mode tampilan aplikasi maupun situs web Tokopedia sesuai dengan kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.