Sukses

WhatsApp Tambahkan Opsi Pemformatan Teks Baru, Chatting Kian Mudah dan Interaktif

WhatsApp mengumumkan telah menambah opsi pemformatan teks baru yang dihadirkan untuk para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan telah menambahkan empat opsi pemformatan teks baru. Lewat cara ini, pengguna aplikasi chatting tersebut bisa lebih mudah mengatur dan menyusun pesan yang ingin mereka kirimkan.

Kehadiran fitur baru di WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg, melalui akun WhatsApp Channel miliknya. Fitur ini disebut bisa menghemat waktu sekaligus membantu pengguna lebih efektif ketika berkomunikasi.

"Telah melakukan hal ini dengan opsi pemformatan baru kami di WhatsApp -- cek shortcut-nya," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip dari akun Channel miliknya.

Ada empat fitur pemformatan teks baru yang dihadirkan oleh WhatsApp kali ini, yakni daftar berpoin (bulleted list), daftar bernomor (numbered list), blok kutipan (block quote), hingga kode berderet (inline code).

Sesuai namanya, daftar berpoin dan daftar bernomor membantu pengguna aplikasi chatting ini mengirimkan pesan dalam bentuk poin-poin, baik angka maupun titik poin. Sementara fitur blok kutip membantu pengguna menyoroti teks tertentu yang diinginkan oleh pengguna.

Terakhir, kode berderet bisa membantu pengguna membedakan informasi spesifik dalam kalimat. Keempat fitur ini melengkapi opsi pemformatan teks yang sudah lebih dulu ada di aplikasi WhatsApp seperti Tebal, Miring, Coret, dan Monospace.

"Sekarang Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak kepribadian dalam pesan Anda, menyorot detail penting, menambahkan struktur pada pesan yang panjang, serta menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan terorganisir," tulis WhatsApp dalam pernyatannya.

Fitur ini hadir untuk semua pengguna aplikasi WhatsApp di berbagai platform, seperti Android, iOS, Web, hingga Mac desktop. Tidak hanya itu, admin WhatsApp Channel juga bisa memanfaatkan fitur ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Bakal Ubah Tampilan Desain Status, Jadi Mirip IG Stories?

Di sisi lain, versi beta terbaru dari WhatsApp yakni beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan tampilan untuk tab Status. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengakses WhatsApp.

Adapun update ini sudah tersedia untuk para pengguna WhatsApp Beta yang kini bisa diunduh di Google Play Store.

Pembaruan tampilan dari Status WhatsApp meliputi antarmuka baru untuk melihat update status yang berfokus pada akses lebih mudah dan navigasi yang lebih asik saat berada di aplikasi.

Mengutip Gizchina, Senin (19/2/2024), update antarmuka WhatsApp ini membawa perubahan signifikan pada bagaimana status ditampilkan di WhatsApp.

Desain baru Status ini meninggalkan tata letak horizontal versi lama dan identifikasi gambar profil serta mengadopsi pendekatan lebih intuitif.

Lewat desain Status yang baru, pengguna aplikasi WhatsApp nantinya akan bisa melihat pratinjau atau preview pembaruan status langsung dari kotak update status di bagian atas tab update. Ini menjadikan tampilan Status WhatsApp agak mirip dengan IG Stories.

Hal ini memungkinkan pengguna melihat konten lebih cepat tanpa harus membuka update status seorang pengguna satu per satu.

Meski begitu, update WhatsApp tersebut kini masih dalam proses meminta feedback dari pengguna.

Dengan kehadiran preview yang berbentuk thumbnail. WhatsApp berencana untuk memudahkan pengalaman pengguna dalam melihat-lihat status pengguna lain. Mereka pun bisa menentukan mana Status yang ingin dilihat secara penuh.

 

3 dari 3 halaman

Tampilan Status Bakal Ganggu Penempatan Channel?

Redesain Status WhatsApp yang menampilkan pratinjau lebih besar untuk Status juga disebut-sebut akan mempengaruhi penempatan dan visibilitas kiriman Channel di tab Update.

Saat ini, tab Update menampilkan update Status dan Channel, dengan tampilan pratinjau Status yang lebih besar, tentunya penempatan update Channel bakal lebih minim.

Meski ada kekhawatiran mengenai ruang yang digunakan di pratinjau Status ini, tujuan utama WhatsApp adalah untuk memfasilitasi pengguna menonton update Status dengan lebih mudah.

Perlu diingat, saat ini tampilan antarmuka Status yang didesain ulang ini masih dalam tahap uji beta dan hanya tersedia untuk sekelompok pengguna beta tester.

Bisa jadi, WhatsApp akan membawanya untuk semua pengguna, namun bisa jadi tidak. Semuanya masih bergantung pada feedback dari pengguna.

Bukan hanya tampilan Status yang diperbarui, WhatsApp juga masih menjelajahi fitur tambahan. Salah satunya menyinkronkan kunci obrolan di semua perangkat demi meningkatkan keamanan.

WhatsApp juga dikabarkan akan mengaktifkan perpesanan lintas platform sesuai dengan regulasi di Uni Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.