Sukses

Mantan Engineer Apple Dipenjara 6 Bulan karena Curi Teknologi Mobil Otonom

Liputan6.com, Jakarta - Mantan engineer Apple, Xiaolang Zhang, yang terbukti mencuri informasi tentang pengembangan kendaraan self-driving (mobil otonom), dijatuhi hukuman 120 hari penjara, ditambah dengan pembebasan bersyarat dengan pengawasan selama tiga tahun--total 6 bulan penjara.

Zhang ditangkap pada 2018 di Bandara Internasional San Jose tepat ketika dia hendak naik pesawat ke Tiongkok.

Mengutip Engadget, Sabtu (10/2/2024), Xiaolang Zhang awalnya mengaku tidak bersalah sampai mengubah sikapnya pada tahun 2022 dan mengaku mencuri rahasia dagang.

Selain menjalani hukuman di balik jeruji besi, dia juga harus membayar restitusi sebesar USD 146.984 (sekitar Rp 2,3 miliar), menurut dokumen pengadilan. Zhang awalnya menghadapi hukuman hingga 10 tahun penjara dan denda USD 250.000 (sekitar Rp 3,9 miliar).

Mantan karyawan Apple ini bekerja sebagai engineer perangkat keras untuk inisiatif kendaraan otonom perusahaan yang telah berumur satu dekade dengan nama sandi Project Titan.

Berdasarkan keluhan Apple, Zhang mentransfer dokumen setebal 25 halaman yang berisi skema teknik papan sirkuit untuk kendaraan self-driving Apple ke laptop istrinya melalui AirDrop.

Dia juga menyimpan salinan manual teknis yang menjelaskan prototipe Apple pada laptop tersebut, selain mencuri papan sirkuit dan server Linux dari laboratorium pengembangan perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengunduran Diri Memicu Hal Mencurigakan

Zhang mengundurkan diri dari Apple setelah cuti sebagai ayah dan melakukan perjalanan ke Tiongkok, memberi tahu Apple bahwa dia akan bekerja untuk XPeng Motors.

Hal ini dilaporkan memicu penyelidikan, karena XPeng juga sedang mengerjakan teknologi kendaraan otonom, yang mengungkapkan bahwa Zhang tertangkap dalam CCTV mengambil perangkat keras dari laboratorium Apple dan mentransfer file ke komputer istrinya.

Kendaraan self-driving Apple telah dikembangkan selama satu dekade, namun belum meluncurkan produk yang dapat dibeli konsumen.

Mark Gurman dari Bloomberg baru-baru ini melaporkan bahwa perusahaan mengubah rencananya dan sekarang mengembangkan kendaraan listrik seperti Tesla, alih-alih kendaraan full otonom.

Apple Car yang telah lama ditunggu-tunggu kini diproyeksikan untuk debut paling cepat pada tahun 2028.

3 dari 4 halaman

Apple Gulirkan Update iOS 17.3.1 Buat iPhone, Ada Perbaikan Bug untuk Ketikan

Di sisi lain, Apple telah merilis update software terbaru untuk pengguna iPhone, yakni update iOS 17.3.1.

Update iOS 17.3.1 ini merupakan update terbaru sebelum Apple menggulirkan update software iOS 17.4 pada Maret mendatang.

Selain update iOS 17.3.1, update lain yang juga dibawa Apple untuk para pengguna perangkatnya adalah WatchOS 10.3.1 untuk pemilik Apple Watch dan MacOS 14.3.1 untuk pemilik komputer Mac.

Mengutip 9To5Mac, Jumat (9/2/2024), update iOS 17.3.1 membawa perbaikan pada bug untuk mengatasi teks yang mungkin terduplikasi atau tumpang tindih secara tidak terduga saat mengetik.

Ada pula perbaikan lain yang dibawa update iOS ini, namun tidak disebutkan secara eksplisit perbaikan apa saja yang diselesaikan dalam pembaruan iOS 17.3.1 ini.

Lalu bagaimana cara update iOS 17.3.1?

Buat kamu pemilik iPhone yang perangkatnya masih bisa diupdate ke iOS 17, kamu bisa lakukan langkah di bawah ini:

Cara Update iOS:

  1. Buka Setting iPhone
  2. Gulirkan layar hingga menemukan menu "General" dan buka menu tersebut
  3. Pilih "Software Update"
  4. Jika ada pembaruan update iOS 17.3.1, pilih Update Now untuk mengunduh update sekarang. Kamu juga bisa memilih untuk mengupdate nanti malam atau Update Tonight untuk memperbarui software nanti malam.
  5. Ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan yang tertera di layar iPhone.
4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini