Sukses

London Jadi Tuan Rumah League of Legends Worlds 2024, Final Digelar di O2 Arena

League of Legends Worlds 2024 akan digelar di London, Inggris, dengan O2 Arena bakal menjadi lokasi pertandingan finalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses dengan League of Legends (LoL) World Championship atau Worlds 2023, Riot Games mengumumkan bahwa Worlds 2024 bakal digelar di London, Inggris.

Perusahaan mengungkapkan, untuk Final dari Worlds 2024 sendiri dijadwalkan digelar di The O2, pada musim gugur tahun depan.

"Kami sangat bersemangat untuk membawa World Final ke Inggris untuk pertama kalinya, kata Naz Aletaha, Global Head of LoL Esports, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (23/11/2023).

"Worlds adalah perayaan global atas League of Legends terbaik, dan kekayaan sejarah London dan kota metropolitan modern adalah latar belakang sempurna untuk panggung terbesar di dunia olahraga."

Menurut Aletaha, mereka kagum atas semangat dan energi dari para penggemar LoL selama Mid-Season Invitational atau MSI 2023.

Turnamen MSI 2023 digelar di Copper Box Arena London, yang berlokasi di Queen Elizabeth Olympic Park. Riot Games menyebut, acara ini mengalami peningkatan penayangan dari tahun ke tahun hingga 58 persen, dibandingkan MSI 2022.

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah dari Worlds adalah di Quarterfinals 2015, yang dilaksanakan di SSE Arena di Wembley, atau sekarang dikenal sebagai OVO Arena Wembley.

The O2 merupakan venue dengan kapasitas tempat duduk tertinggi kedua di Inggris, serta sering jadi tempat pertunjukkan dari artis dan band terkenal, termasuk Adele, Beyonce, dan U2.

Selain itu, sejumlah acara olahraga besar termasuk NBA dan pertandingan tenis ATP, juga pernah dilangsungkan di O2 Arena. Struktur kubah besar berdiameter 365 meter di O2, menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik Pemerintah Kota London

Akan digelarnya Worlds 2024 pun disambut baik oleh Wali Kota London Sadiq Khan.

"London adalah tujuan utama esports, dan sungguh luar biasa kami bisa menjadi tuan rumah League of Legends World Championship Finals tahun depan," kata Khan.

Khan juga mengatakan, penyelenggaraan Worlds 2024 di London juga bakal mempertemukan para penggemar esports dari seluruh dunia, serta menjadi showcase dari industri gim di sana.

"Saya akan terus melakukan semua yang saya bisa untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan esports di London, seiring kami membangun London yang lebih baik untuk semua orang," ia menambahkan.

Riot Games belum mengungkapkan tanggal, kota, dan lokasi penyelengaraan Worlds 2024 lainnya. Penjualan tiket Final Worlds 2024 yang akan diadakan pada 2 November 2024, juga akan diumumkan ke depannya pada tahun 2024.

3 dari 4 halaman

T1 Juara League of Legends Worlds 2023

Tim League of Legends Korea Selatan, T1 sebelumnya berhasil menjadi juara dari Worlds 2023.

Gelar keempat dari T1 di Worlds 2023 ini diraih usai mereka mengalahkan Weibo Gaming asal Tiongkok, di Grand Final pada Minggu (19/11/2023) kemarin.

Grand Final Worlds 2023 yang digelar di Korea Selatan sendiri dilakukan dengan format Best-of-5 (BO5), namun Weibo Gaming tampak kesulitan mengimbangi permainan T1. Hasilnya, Faker dkk keluar sebagai pemenang League of Legends Worlds 2023 dengan skor telak 3-0.

Mengutip Sportskeeda, pada Worlds 2023, T1 berhasil memenangkan setiap pertandingan yang melawan perwakilan LPL (League of Legends Pro League).

T1 juga mengalahkan empat tim Tiongkok lainnya, Bilbili Gaming di Swiss Stage, LNG Esports di Quarterfinal, JD Gaming di Semifinal, dan Weibo Gaming di Grand Final.

Dalam Grand Final ini, T1 diisi oleh Zeus sebagai Top Laner, Oner sebagai Jungler, Faker sebagai Mid, Gumayusi sebagai Bot, dan Keria di posisi Support.

Zeus, atau bernama asli Choi Woo-je, mendapatkan gelar MVP dalam pertandingan final ini.

 

4 dari 4 halaman

Gelar ke-4 Buat Faker dan T1

Selain untuk T1, ini jadi gelar keempat buat Faker atau bernama asli Lee Sang-hyeok. Karirnya sudah dimulai pada tahun 2013, di mana T1 sebelumnya masih memakai nama SK Telecom T1.

Kala itu, di usia 17 tahun, pro player yang dikenal dengan julukan Unkillable Demon King ini sudah meraih kemenangan pertamanya di League of Legends Worlds 2013. Di skena LOL pun banyak yang memberikannya gelar GOAT (Greatest of All Time).

 

Dikutip dari Liquipedia, T1 sudah meraih gelar juara pertama di empat musim LOL World Championship yaitu 2013 (sebagai SK Telecom T1 K), 2015, 2016, dan 2023. Pada Worlds 2022, T1 harus mengakui keunggulan dari dari DRX di babak Grand Final dengan skor 3-2.

Kemenangan di Worlds 2023 membuat T1 berhasil membawa pulang uang hadiah senilai USD 445.000 (sekitar Rp 6,8 miliar).

Upacara pembukaan Grand Final Worlds 2023 juga dimeriahkan oleh sejumlah penampilan, salah satunya adalah dari NewJeans dan Heartsteel yang melibatkan Baekhyun EXO.

Heartsteel di sini menampilkan lagu pertama mereka yaitu PARANOIA, sementara NewJeans menyanyikan lagu tema dari Worlds 2023, GODS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.