Sukses

Cara Menambahkan eSIM di HP Android Samsung Terbaru, Mudah dan Praktis Kok!

Artikel ini menjelaskan cara menambahkan eSIM di HP Android Samsung terbaru dengan mudah dan praktis. Simak di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta - Kartu SIM elektronik atau lebih dikenal dengan eSIM saat ini sudah mulai banyak dipakai pengguna, terutama mereka yang menggunakan HP Android atau iPhone terkini.

Informasi, eSIM kartu SIM seluler yang sama sekali tidak memiliki fisik dan bisa terpasang di dalam perangkat dengan sangat mudah.

eSIM memungkinkan Anda untuk mengaktifkan layanan tanpa harus mengganti kartu SIM, dan bisa menyimpan lebih dari satu profil operator.

Dengan ini, Anda dapat berganti-ganti operator seluler sesuai dengan kebutuhan tanpa harus bongkar pasang kartu di HP Android atau iPhone.

Salah satu produsen smartphone yang sudah mendukung eSIM adalah Samsung. Perusahaan saat ini sudah merilis berbagai HP Android dengan dukungan eSIM, mulai dari Galaxy S21 series hingga paling terkini Galaxy S23 series atau Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memilih dan mendaftarkan diri ke operator seluler di Indonesia yang sudah mendukung produk eSIM.

Saat ini, Indosat Ooredoo Hutchinson, Smartfren, atau XL Axiata adalah tiga operator seluler di Tanah Air yang memiliki produk kartu SIM elektronik ini.

Lalu bagaimana cara menambahkan eSIM di smartphone Samsung? Simak langkahnya di bawah ini.

Cara Menambahkan eSIM di HP Android Samsung Terbaru:

  • Dapatkan Kode QR eSIM dari Operator

Sebelum pasang eSIM ke HP Samsung, Anda harus mendapatkan QR Code eSIM dengan membeli atau menukarkan kartu SIM fisik di situs atau gerai operator. 

  • Pasang eSIM di HP Android Samsung
  1. Setelah memilih operator dan membeli produk eSIM, Anda akan mendapatkan kode QR eSIM melalui email dari operator pilihan.
  2. Lanjut dengan buka aplikasi Pengaturan (Settings) di HP Android Samsung Anda.
  3. Kemudian, pilih menu Koneksi (Connection) dan pilih menu Manager Kartu SIM (SIM Card Manager) di smartphone.
  4. Pilih opsi Tambahkan eSIM atau (Add eSIM), lalu tap pindai kode QR (Scan QR Code). Setelah memindai, tampak informasi profil operator pilihan Anda.
  5. Konfirmasi pengaktifan eSIM. Setelah Anda melihat informasi profil operator, Anda dapat menekan tombol Tambahkan untuk mengonfirmasi eSIM aktif di HP Samsung. Selesai.
  • Tambah eSIM Baru

Anda dapat mengikuti langkah di atas untuk memasang eSIM lainnya ke dalam smartphone Samsung ini.

  • Hapus eSIM di Ponsel

Selain mendaftarkan atau menambahkan, Anda juga dapat menghapus eSIM dengan mudah bila diperlukan. Masuk ke SIM manager > pilih eSIM yang ingin dihapus > klik Hapus (Remove). 

Gimana, mudah bukan? Anda dapat mengatur nama, warna, dan prioritas dari eSIM Anda di menu SIM Card Manager. Anda juga dapat menonaktifkan atau menghapus eSIM Anda jika Anda ingin berganti operator atau HP Android ke iPhone atau sebaliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Buds FE yang Setara dengan TWS Premium

<p>Fitur Auto Connection Shift with Smart View dengan Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/iskandar</p>

Di sisi lain, Samsung akhirnya menghadirkan true wireless stereo (TWS) yang masuk dalam keluarga Fan Edition (FE), bernama Galaxy Buds FE.

Dibanderol Rp 1.399.000, ini adalah earbuds nirkabel termurah di seri Galaxy Buds. Meski terjangkau, perangkat audio ini memiliki sejumlah fitur premium yang biasanya tertanam di TWS seharga Rp 3 jutaan.

Penasaran apa saja? Berikut lima fitur unggulan Samsung Galaxy Buds FE yang setara dengan TWS kelas premium.

1. Fitur ANC dan Ambient Sound

Fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada Samsung Galaxy Buds FE, secara mengejutkan dapat memblokir kebisingan dengan cukup baik.

Saat menggunakan TWS ini dalam perjalanan ke kantor dengan transportasi umum, saya hanya mendengar sedikit suara sekitar.

Fitur di Galaxy Buds FE ini tentu sangat berguna untuk perjalanan darat maupun penerbangan agar kamu tidak terganggu dengan kebisingan sekitar.

Samsung juga memadukan fitur ANC dengan mode Ambient Sound yang memungkinkan saya tetap bisa aware dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika menyeberangi jalan, saya tak perlu melepas earbuds karena keadaan di lingkungan sekitar bisa terdengar cukup baik.

Berkat paduan kedua fitur tersebut, kamu bisa mendengarkan musik sesuai kebutuhan hanya dengan beralih dari ANC ke Ambient Sound atau sebaliknya. 

3 dari 4 halaman

2. Mikrofon dengan Deep Neural Network (DNN)

<p>Galaxy Buds FE (Samsung)</p>

Fitur canggih lainnya adalah Deep Neural Network (DNN) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi ini bisa menyaring suara bising di lingkungan sekitar, khususnya saat sedang berinteraksi dengan orang lain (menerima telepon atau meeting online).

DNN juga membuat mikrofon pada Galaxy Buds FE mampu menghadirkan panggilan suara lebih jernih. TWS besutan Samsung ini mengusung tiga mikrofon: mikrofon utama, submicrophone, dan mikrofon bagian dalam.

Sistem tiga mikrofon ini bekerja secara harmonis untuk menangkap suara pengguna dengan lebih akurat sehingga input suara lebih lantang dan jelas.

3. Audio dengan Karakter Bass Menghentak

Kualitas audionya pun diklaim superior berkat kemampuannya dalam menghasilkan suara detail dengan bass powerful. Ya, TWS ini cocok untuk mendengarkan sejumlah genre musik dengan karakter bass yang dalam.

Antara lain seperti genre musik electronic dance music (EDM), rhythm and blues, pop, dubstep, hip hop, R&B, dan juga techno.

Kamu pun tidak hanya dapat menikmati suara musik yang optimal dengan bass bertenaga. Suara kamu pun bisa keluar dengan jelas saat menelepon, bahkan di lingkungan yang bising.

4 dari 4 halaman

4. SmartThings

<p>Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar</p>

Dengan aplikasi SmartThings, kamu bisa menemukan Galaxy Buds FE apabila lupa menaruh TWS ini. 

Canggihnya lagi, ketika Galaxy Buds FE ditemukan oleh ponsel orang lain, informasi kontak kamu akan dibagikan kepada mereka bersamaan dengan pesan 'Lost and Found'.

Kamu juga bisa memilih opsi untuk menerima notifikasi jika lupa membawa earbuds. Aktifkan fungsi itu dan kamu akan mendapat peringatan setelah berada di luar jangkauan.

Opsi ini dapat mengurangi kemungkinan kehilangan atau lupa menaruh Galaxy Buds FE kesayangan kamu.

5. Wingtips yang Pas di Telinga

Galaxy Buds FE hadir dengan desain stylish sesuai dengan gaya milenial dan Gen Z yang selalu up to date. Galaxy Buds FE tersedia dalam warna Graphite dan White yang modern, timeless, dan versatile untuk dipadukan dengan berbagai outfit pengguna.

Yang tak kalah penting, Galaxy Buds FE juga menghadirkan inovasi desain yang membuat TWS ini nyaman digunakan dalam waktu yang lama tanpa membuat telinga sakit.

Salah satunya, Galaxy Buds FE hadir dengan tiga ukuran eartips dan dua ukuran wingtips yang berbeda agar kamu bisa menikmati earbuds yang benar-benar pas di telinga.

Selain itu, Galaxy Buds FE juga memiliki area grip yang telah dirancang sedemikian rupa agar earbuds tidak mudah terlepas dari telinga, bahkan ketika kita sedang banyak bergerak, seperti berolahraga misalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini