Sukses

Samsung Galaxy S24 Akan Dilengkapi Fitur Panggilan Darurat Satelit, Seperti iPhone 14 Milik Apple

Samsung Galaxy S24 akan dilengkapi fitur panggilan darurat satelit, seperti iPhone 14 milik Apple, di mana pengguna dapat berkomunikasi dua arah menggunakan satelit, bahkan di daerah tanpa jaringan seluler.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung disebut-sebut akan melengkapi fitur panggilan darurat satelit ke dalam lini smartphone Android terbarunya, yakni Galaxy S24 series.

Informasi tentang Galaxy S24 series ini diungkap oleh President of System LSI Park Yong-in saat mengisi sesi presentasi di Semiconductor Expo 2023 (SEDEX).

Mengutip GSM Arena, Senin (30/10/2023), persiapan teknis implementasi teknologi panggilan darurat satelit sudah siap digunakan.

Banyak pihak meyakini, omongan Park Yong-in ini merujuk pada dukungan modem Exynos 5300 untuk berkomunikasi dua arah menggunakan satelit.

Namun, bagaimana bila perusahaan asal Korea ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 di Galaxy S24 Ultra? Bagaimana caranya model ini akan menggunakan fitur panggilan satelit ini?

Dalam kesempatan sama, dirinya juga mengungkap tentang rencana mendatang Samsung untuk meningkatkan performa grafis di HP Android mereka dengan memakai ray tracing.

Diketahui, ray tracing adalah fitur di mana GPU di ponsel dapat menghasilkan pantulan cahaya sehingga game pun terasa lebih nyata.

Adapun kemampuan ray tracing ini diungkap pertama kali oleh Samsung saat pengumuman Galaxy S22, yang sudah ditenagai Exynos 2200.

Selain itu, Park Yong-in juga berbicara tentang AI generatif di ponsel. Secara garis besar, asisten pribadi virtual di HP akan memiliki respons layaknya manusia dan masih banyak lagi.

Apakah Samsung benar-benar akan menyematkan fitur panggilan darurat satelit seperti iPhone 14 ini ke lini ponsel barunya nanti?

Hal ini akan terungkap saat Galaxy S24 series debut dalam acara pada bulan Januari 2024 mendatang, yakni Galaxy Unpacked 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran Warna Galaxy S24 yang Akan Meluncur Januari 2024

<p>Render Samsung Galaxy S24 Ultra. (Doc: @OnLeaks | SmartPrix) </p>

Galaxy S24 akan menjadi HP Android terbaru milik Samsung, dan dijadwalkan siap meluncur awal Januari 2024 dalam ajang Galaxy Unpacked.

Walau Samsung belum mengonfirmasi kehadiran Galaxy S24 series, bocoran tentang ponsel baru milik perusahaan asal Korea itu sudah ramai di internet.

Terkini, Galaxy S24 akan hadir dengan empat pilihan warna. Informasi ini diungkap oleh analis Ross Young di platfom X Twitter.

Mengutip unggahan Ross di akun Twitter @DSCCRoss di X, Kamis (19/10/2023), Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra tampil dengan pilihan warna tradisional dan cerah.

Adapun ketiga model Galaxy S24 series itu akan tampil dalam pilihan Black, Gray, Violet, dan warna baru Yellow.

Sebelumnya, perusahaan hanya menyediakan opsi warna, seperti Green, Phantom Black, Lavender, dan Cream untuk seri Galaxy S23.

Selain keempat warna ini, Samsung juga menjual Galaxy S23 Utra berwarna merah ekskusif secara online.

Karena itu, bukan hal mustahil bila perusahaan juga sudah mempersiapkan satu warna khusus untuk dijual via online saja.

3 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi Galaxy S24 Ultra

<p>Kamera di Galaxy S23 Ultra 5G mengusung sensor 200MP ISOCELL H2, ditambah dengan kemampuan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 Mobile platform for Galaxy, kekuatan pemrosesan foto dan video menjadi lebih cepat dan hasilkan gambar yang lebih baik. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)</p>

Sebelumnya, bocoran Galaxy S24 Ultra hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan RAM 8 GB nongol di Geekbench.

Dilansir GSM Arena, Galaxy S24 Ultra dengan RAM 12 GB muncul di Geekbench dengan hasil skor mengejutkan.

Walau pakai chipset baru Snapdragon 8 Gen 3, ternyata skor benchmark ponsel lebih rendah ketimbang model RAM 8 GB.

Pada varian dengan RAM 8 GB, Galaxy S24 Ultra ini mencatatkan skor 2234 di single-core dan 6807 untuk multi-core.

Sedangkan performa Galaxy S24 Ultra dengan RAM 12 GB mendapatkan skor, yakni 2059 di single-core dan 4506 multi-core.

Sementara di bagian depan HP Samsung menunjukkan tepi layar lebih datar, tidak terlalu melengkung dibandingkan model S23 Ultra.

Laporan tersebut juga mengatakan, Samsung akan menggunakan paduan titanium pada bodi ponsel barunya itu. Alhasil, HP pun akan menjadi lebih ringan.

Terkait ukuran, Galaxy S24 Ultra akan memiiki dimensi 162,3 x 79 x 8,7 mm. Bila benar, ponsel ini tampil lebih pendek tapi memiliki ukuran lebih lebar dari Galaxy S23 Ultra.

Lalu untuk Galaxy S24 Plus, varian "anak tengah" ini ditampilkan sebagai versi entry-evel dengan ukuran layar lebih besar dari Samsung Galaxy S24 biasa.

4 dari 5 halaman

Samsung Galaxy S24 Ultra Tak Lagi Pakai Kamera Periskop 10x

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dirilis dalam empat varian warna; Green, Cream, Phamtom Black, Lavender (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

 sisi lain, Samsung sudah menyematkan lensa dengan sensor periskop 10x tiga tahun berturut-turut, diawali dengan kemunculannya di Galaxy S21 Ultra.

Akan tetapi, Samsung tidak akan memboyong teknologi lensa tersebut ke Galaxy S24 Ultra. Informasi ini diungkap oleh tipster kenamaan di industri smartphone, Ice Universe.

Mengutip laporan Ice Universe via GSM Arena, Kamis (21/9/2023), Galaxy S24 Ultra hanya akan hadir dengan sensor 3x dan 5x telefoto.

Masih dari laporan sama, perusahaan asal Korea itu Galaxy S24 Ultra akan menggunakan kamera berkemampuan 10MP telefoto 3x dan sensor baru 50MP 1/2.52” dengan 0.7µm piksel menawarkan optikal zoom 5x.

Walau tidak lagi menggunakan sensor periskop 10x, kabarnya modul kamera telefoto 50MP baru ini akan menghadirkan peningkatan dalam hal kualitas foto.

Sebelumnya, beredar kabar Galaxy S24 Ultra akan menggunakan kamera 200MP ISOCELL HP2SX berteknologi 4-in-1 dan 16-in-1 pixel binning.

Samsung juga sudah menyematkan teknologi autofocus Super Quad Phase Detection di model Galaxy S24 Ultra ini. 

5 dari 5 halaman

Bocoran Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus

Tampilan Samsung Galaxy 23 Ultra yang baru saja diperkenalkan. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Tak hanya versi Ultra, bocoran tentang Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus juga sempat beredar di internet. 

Menurut tipster yang punya reputasi baik soal bocoran perangkat, Ice Universe, Samsung berencana membuat sisi pinggir dari frame ponsel Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus.

Sekadar informasi, saat ini Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus memiliki punggung datar, namun rangka tengahnya sedikit menonjol.

Ada sejumlah alasan melatarbelakangi keputusan Samsung atas kemungkinan perubahan desain HP Samsung Galaxy S24 dan S24 Plus. Salah satunya adalah pengaruh dari faktor-faktor eksternal.

Dalam hal ini, karena tren desain dalam beberapa tahun terakhir cenderung menghadirkan desain frame datar dengan tepian yang agak tajam.

Dengan mengadopsi desain tipis dan datar ini, Samsung berupaya meningkatkan lebih jauh desain Galaxy S24 series. Mengikuti perkembangan tren saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.