Sukses

25 Link Twibbon Hari Batik Nasional 2023 Keren untuk WhatsApp, Twitter hingga Instagram

Hari Batik Nasional 2023 dirayakan oleh banyak orang dengan memakai batik dan memasang twibbon di media sosial. Temukan 25 link twibbon keren untuk memeriahkan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Batik Nasional adalah peringatan tahunan jatuh pada tanggal 2 Oktober, dan sebagai bentuk menghormati warisan budaya Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada tahun 2009.

Pada hari ini, Senin (2/10/2023), banyak orang memakai batik sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan terhadap karya seni tradisional kaya makna dan nilai.

Selain dirayakan masyarakat di dunia nyata, banyak warganet juga memeriahkan Hari Batik Nasional 2023 ini dengan membanjiri linimasa Twitter.

Berbagai ucapan, berbagi foto mereka pakai batik, hingga memasang twibbon Hari Batik di WhatsApp, Twitter, hingga Instagram pun lumrah dilakukan oleh masyarakat.

Informasi, twibbon adalah sebuah aplikasi online memungkinkan pengguna untuk menambahkan bingkai atau stiker ke foto profil mereka menggunakan twibbon Hari Batik.

Biasanya, twibbon digunakan untuk mendukung suatu kampanye, gerakan, atau peristiwa tertentu, dan juga menunjukkan dukungan atau partisipasi mereka secara mudah dan menarik.

Untuk Hari Batik Nasional 2023, ada banyak pilihan twibbon yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik foto profil di platform media sosial.

Berikut ini kami sajikan 25 link twibbon Hari Batik Nasional 2023 keren untuk WhatsApp, Twitter, hingga Instagram.

  1. https://twb.nz/batikmin20
  2. https://twb.nz/haribatiknasionalth2022
  3. https://twb.nz/harlahbatikindonesia
  4. https://twb.nz/lightbatik
  5. https://twb.nz/haribatiknasional2023bsi
  6. https://twb.nz/haribatik2023ghci
  7. https://twb.nz/haribatiknasional2023intraasia
  8. https://twb.nz/haribatiknasionalkbagp2023
  9. https://twb.nz/nahdiati
  10. https://twb.nz/twibbonharibatiknasional2023
  11. https://twb.nz/batikkksmasrbabelan
  12. https://twb.nz/batiknasional23ok
  13. https://twb.nz/batikkubangkitwarisannegeriku
  14. https://twb.nz/haribatiknasional2023hs4all
  15. https://twb.nz/haribatikprov
  16. https://twb.nz/haribatikjurkep
  17. https://twb.nz/123bapriharibatiknasional
  18. https://twb.nz/haribatiknasionaldesain3
  19. https://twb.nz/haribatik23sdpuriartha
  20. https://twb.nz/batikmin6tng2023
  21. https://twb.nz/haribatiknasionaldesain2
  22. https://twb.nz/kostibatik2023
  23. https://twb.nz/irsyadulathfalharibatik2023
  24. https://twb.nz/batik2023smpyadika3
  25. https://twb.nz/selamatharibatiknasionalsdn061

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Ramaikan Hari Batik Nasional 2023

Ilustrasi batik. Sumber foto: unsplash.com/Trang Nguyen.

Hari Batik Nasional jatuh pada 2 Oktober setiap tahunnya selalu disambut meriah oleh warga Indonesia, baik di dunia nyata hingga internet.

Terbukti, keyword "Selamat Hari Batik Nasional" sudah bertengger di nomor satu trending topic Twitter atau X dan meramaikan linimasa sejak pagi.

Mayoritas warganet mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional, sementara itu lainnya mengunggah foto mereka menggunakan batik atau membagikan gambar ilustrasi bertemakan batik.

Salah satunya adalah akun @RickyKardjono, mencuitkan, "Mari kita banggakan keindahan warisan budaya Indonesia dengan mengenakan batik hari ini.Batik merupakan jendela kekayaan budaya kita, dalam kain batik terkandung cerita dan keindahan Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2023 untuk semua...🙏🇮🇩❤️"

Berikut ini adalah beberapa cuitan warganet di Twitter/X yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com, Senin (2/10/2023).

 

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Batik Nasional 2023

Ilustrasi batik (dok.unsplash/ Camille Bismonte)

Hari Batik Nasional sendiri bermula dari penetapan batik nasional sebagai warisan budaya tak benda oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009.

Saat itu, diselenggarakan sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Meski demikian, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO sendiri baru diajukan pada 9 Januari 2009.

Setelah ditetapkan oleh UNESCO, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemudian mengukuhkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Ketentuan tersebut dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Buka Acara Istana Berbatik, Rayakan Hari Batik Nasional

<p>Ilustrasi membatik. (Gambar oleh AnglesNViews dari Pixabay)</p>

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka acara Istana Berbatik dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Istana Berbatik itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (1/10/2023) malam.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, lanjut dia, melalui acara Istana Berbatik dirinya mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin bangga dengan seni dan budaya bangsa, serta turut serta melestarikan.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada malam hari ini Istana Berbatik secara resmi saya nyatakan dibuka," sambung dia.

Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada 2 Oktober 2023 akan dirayakan meriah lewat acara bertajuk Istana Berbatik di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (1/10/2023) malam ini. Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di ruas jalan sekitaran Monumen Nasional atau Monas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.