Sukses

Pengguna Keluhkan iPhone 15 Terlalu Panas, Apple Akan Rilis Pembaruan Software

Pemilik iPhone 15 dan iPhone 15 Pro melaporkan masalah perangkat terlalu panas, Apple merespons dengan mengumumkan pembaruan software untuk mengatasi masalah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone 15 dan iPhone 15 Pro menghadapi keluhan perangkat terlalu panas selama seminggu terakhir. Menanggapi hal itu, Apple mengumumkan akan segera menggulirkan pembaruan iOS di beberapa minggu mendatang.

Pernyataan pertama dari Apple mengindikasikan, iPhone dapat terasa lebih panas pada beberapa hari pertama, disebabkan oleh aktivitas latar belakang seperti indeks foto dan pencarian oleh iOS. 

Melalui 9ro5Mac, Minggu (1/10/2023), Apple mengakui bug di iOS 17 memperburuk masalah overheating dan berjanji untuk memperbaikinya dalam pembaruan perangkat lunak.

Apple menegaskan, desain titanium pada iPhone 15 Pro tidak bersalah atas masalah panas. Sebaliknya, desain baru ini sebenarnya meningkatkan pembuangan panas dibandingkan dengan model sebelumnya yang terbuat dari baja tahan karat.

Perusahaan menjamin pengguna, tidak ada risiko keamanan dan tidak ada dampak pada kinerja jangka panjang. iOS memiliki sistem kuat untuk mencegah panas berlebih, dengan kemampuan untuk melindungi komponen ketika suhunya terlalu panas.

Meskipun belum ada tanggal resmi untuk pembaruan iOS 17 mendatang, perusahaan telah merilis beberapa pembaruan sebelumnya dan menguji coba iOS 17.1 dalam versi beta, diharapkan dirilis pada akhir Oktober 2023.

Forbes mencatat bahwa iOS 17.1 tidak akan mengurangi kinerja untuk menangani masalah overheating iPhone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analis: iPhone 15 Pro Overheat karena Desain Termal yang Buruk

Berbeda dengan pernyataan resmi Apple, Ming-Chi Kuo, seorang analis terkemuka yang sering memberikan wawasan tentang produk Apple, mengemukakan pandangannya tentang masalah ini. 

Diwartakan GSM Arena, Minggu (1/10/2023), Kuo menyatakan bahwa masalah overheat iPhone 15 Pro bukan disebabkan oleh chipset A17 Pro yang digunakan, namun efek dari desain sistem termal ponsel ini.

Menurut Kuo, upaya Apple untuk membuat iPhone 15 Pro lebih ringan telah mengakibatkan pengurangan area pembuangan panas, dan kombinasi ini dengan konduktivitas panas yang lebih tinggi dari titanium dalam desain bodi ponsel. 

Hasilnya, beberapa pengguna melaporkan bahwa ponsel mereka terlalu panas saat digunakan, karena manajemen panas yang buruk dari pembuatannya.

Kuo mengungkapkan chipset A17 Pro sebenarnya sangat efisien dan dibangun di atas node 3nm canggih, yang seharusnya menghasilkan panas lebih sedikit. Namun, masalahnya terletak pada desain termal ponsel itu sendiri.

Apple akan mencoba mengatasi masalah ini melalui pembaruan perangkat lunak, yang dapat mengelola penggunaan daya dan performa ponsel untuk mengurangi panas yang dihasilkan. Namun, ini mungkin hanya solusi sementara dan tidak akan mengatasi masalah inti desain termal.

Saat ini, belum jelas mengapa hanya sebagian pengguna yang mengalami masalah panas ini, dan tidak semua unit tampaknya terpengaruh. 

Masalah ini mungkin berkaitan dengan berbagai faktor, termasuk perbedaan dalam komponen atau bahan bantalan pendingin antara unit-unit tersebut. 

Apple mungkin perlu melakukan penelitian lebih lanjut dan memberikan solusi yang memadai untuk mengatasi masalah panas pada iPhone 15 Pro.

3 dari 4 halaman

Selain iPhone 15 Pro, Pengguna juga Keluhkan iPhone 15 Cepat Panas

Selain iPhone 15 Pro, iPhone 15 juga dilaporkan mengalami overheating oleh sejumlah pengguna. Informasi yang beredar menyebut, masalah overheating ini terjadi pada semua model iPhone 15.

Parahnya, pengujian dengan kamera infrared memperlihatkan temperatur iPhone 15 yang overheating bisa mencapai 116 derajat Farenheit atau sekitar 46 derajat Celsius.

Mengutip 9to5Mac, Rabu (27/9/2023), masalah ini tampaknya berdampak pada seluruh model iPhone 15. Bahkan sejumlah pemilik perangkat mengatakan, iPhone 15 mereka sangat panas bahkan ketika tidak dimasukkan ke casing.

Sejumlah pengguna, salah satunya Ian Zelbo dari website berita 9to5Mac melaporkan masalah tersebut terjadi ketika dirinya mengisi daya dengan kabel.

"iPhone 15 Pro Max saya begitu panas ketika disentuh, saat diisi daya. Saya pikir orang melebih-lebihkan (kabar iPhone 15 alami overheating), tatapi memang benar adanya, ini bukan hal baik," kata Zelbo.

Ia lebih lanjut mengatakan, bagian paling panas di iPhone 15 miliknya adalah sisi samping kiri dan sedikit bagian belakang sisi kiri. Adapun sisi kiri adalah tempat Apple menaruh logic board pada iPhone 15 series.

Zelbo juga menyebutkan, jika persentase baterai iPhone lewat dari 70 persen, temperatur perangkat sedikit menurun. Sementara kalau baterai di 25-60 persen, iPhone 15 miliknya jadi begitu panas.

Sementara itu, pengguna lain ada yang melaporkan perangkat iPhone 15 miliknya mengalami overheating meski sedang tidak diisi daya.

4 dari 4 halaman

Infografis: Baterai Ponsel Meledak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.