Sukses

CS2 Resmi Rilis Gantikan CS:GO, Ini Spesifikasi PC Buat Main Counter-Strike 2

Counter-Strike 2 alias CS2 yang resmi dirilis oleh Valve pada hari Kamis (28/9/2023) di Steam menjadi pengganti dari CS:GO.

Liputan6.com, Jakarta - Valve resmi meluncurkan Counter-Strike 2 atau CS2, sebagai pengganti dari judul dari seri Counter-Strike sebelumnya yaitu Counter-Strike: Global Offensive alias CS:GO.

Resmi diluncurkan pada Kamis (28/9/2023), gamer sudah dapat menemukan CS2 melalui platform Steam milik Valve.

Pantauan Tekno Liputan6.com, saat mencoba mencari CS:GO di Google, lalu masuk ke laman Steam untuk CS:GO, pengguna juga nantinya bakal diarahkan ke Counter-Strike 2.

Pemain pun juga akan bisa mengunduh dan memainkan Counter-Strike 2 secara gratis melalui Steam, meski juga akan tetap bisa membeli sejumlah konten berbayar.

"Counter-Strike 2 adalah lompatan teknis terbesar dalam sejarah Counter-Strike, mendukung fitur-fitur baru saat ini dan pembaruan untuk tahun-tahun mendatang," tulis Valve seperti dikutip dari laman resminya, Jumat (29/9/2023). 

Menurut Valve, buat para pemain lama Counter-Strike, sejumlah fitur seperti map dan mode matchmaking favoritnya akan diboyong ke CS2.

Namun yang baru, akan ada mode Premier yang diperbarui, di mana pemain bisa membangun lagi CS Rating yang juga baru. Gamer juga bakal dapat menemukan papan peringkat global dan regional di sini.

Sementara buat pemain baru, Valve menghadirkan berbagai mode dasar seperti latihan offline hingga mode Casual dan Deathmatch yang bisa dimainkan untuk mengasah permainan.

Apabila pemain sudah membuka mode Competitive, dia pun akan bisa ikut pertandingan yang lebih besar.

Untuk pemain yang sudah punya banyak item di CS:GO juga tidak perlu khawatir. Valve menjanjikan akan memindahkan mereka semua ke CS2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Buat Main CS2

Mengutip deskripsi di Steam, CS2 digarap dengan engine Source 2. Game ini dimodernisasi dengan rendering berbasis fisik yang realistis, jaringan canggih, dan alat Workshop Komunitas yang ter-upgrade.

CS2 juga akan membawa gameplay klasik ala Counter-Strike asli di 1999, namun dengan sejumlah fitur dan visual yang lebih baru.

Fitur lainnya seperti map yang diperbarui dan dirombak, granat asap dinamis yang mengubah alur taktis, gameplay, gameplay dengan tick-rate mandiri, dan efek visual dan audio yang didesain ulang.

Spesifikasi PC CS2

Berikut ini spesifikasi PC yang dibutuhkan apabila kamu ingin memainkan Counter-Strike 2 atau CS2, seperti dikutip dari Steam:

Spesifikasi PC CS2 Windows

  • OS: Windows 10
  • Prosesor: 4 hardware CPU threads - Intel Core i5 750 atau lebih tinggi
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafis: GPU harus berukuran 1 GB atau lebih dan harus kompatibel dengan DirectX 11 dengan dukungan untuk Model Shader 5.0
  • DirectX: Versi 11
  • Penyimpanan: 85 GB ruang tersedia

Spesifikasi PC CS2 SteamOS + Linux

  • OS: Ubuntu 20.04
  • Prosesor: 4 hardware CPU threads - Intel Core i5 750 atau lebih tinggi
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafis: AMD GCN+ atau NVIDIA Kepler+dengan driver Vulkan terbaru. Dukungan untuk VK_EXT_GraphicS_PIPELINE_library sangat dianjurkan.
  • Penyimpanan: 85 GB ruang tersedia
  • Kartu suara: Sangat direkomendasikan
3 dari 4 halaman

CS2 Gantikan CS:GO

Valve memang telah mengumumkan kehadiran CS2 untuk menggantikan CS:GO pada Maret 2023.

Perusahaan juga telah menggelar Limited Test atau uji coba terbatas bagi sejumlah pemain CS:GO terpilih, di mana mereka mengevaluasi sekumpulan fitur, untuk menghilangkan masalah sebelum rilis resmi.

Selain itu, Counter-Strike 2 juga akan dirilis sebagai upgrade gratis dari CS:GO. Dikutip dari IGN, pemain item-item yang sudah dimiliki oleh pemain di CS:GO, juga akan dibawa ke CS2.

Dilansir The Verge, kehadiran soal CS2 atau pembaruan CS:GO, sudah sempat muncul sebagai rumor dalam beberapa pekan terakhir di kalangan gamers dan esports.

Awal bulan Maret, jurnalis esports, Richard Lewis, melaporkan adanya pengerjaan untuk versi teranyar dari CS:GO.

4 dari 4 halaman

Isyarat Kehadiran CS2

Beberapa pengguna juga melihat referensi ke game Counter-Strike baru dalam pembaruan untuk driver Nvidia. Sementara, PCGamesN, menemukan Valve mengajukan merek dagang CS2, beberapa hari sebelum diungkap.

CS2 hadir lebih dari satu dekade setelah peluncuran CS:GO, yang dirilis pada 2012 lalu. Sementara, versi asli Counter-Strike sudah diluncurkan lebih dari 20 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2000.

Versi asli dari Counter-Strike sudah tidak asing buat gamers warnet maupun anak 90-an dan awal 2000-an. Sementara CS:GO jadi salah satu game yang sering dipertandingkan di kejuaraan esports.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.