Sukses

6 Hacks PowerPoint untuk Permudah dan Percantik Presentasi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Ini dia enam hacks PowerPoint yang berguna bagi mahasiswa untuk membantu tugas kuliah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para mahasiswa, presentasi merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari materi yang akan dibawakan sampai dengan penampilan di depan para audiens.

Tidak hanya penampilan fisik penyampai materi, tetapi juga penampilan materi yang disajikan. Untuk membuat tampilan materi yang menarik, tentunya diperlukan aplikasi khusus. Kalian bisa menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuatnya.

Dengan menggunakan Ms PowerPoint terbilang mudah dan sederhana. Namun, akan terasa cukup rumit jika kalian tidak menguasainya. Tekno Liputan6.com akan memberikan 10 hacks yang akan membantu kalian menguasai aplikasi ini.

Perlu diingat, hacks ini hanya berlaku untuk aplikasi Ms PowerPoint versi Windows terbaru.

1. Tombol F5 untuk siaran langsung

Selain menampilkan file presentasi dengan cara klik ikon kecil di kanan bawah bagian layar atau menggunakan menu Slide Show untuk meluncurkan presentasi, kalian juga bisa hanya dengan menekan tombol F5 di keyboard.

Namun, pada beberapa perangkat kalian juga perlu menekan tombol Fn sebelum nenekan tombol F5.

Apabila kalian ingin menampilkan atau memulai presentasi pada slide tertentu, kalian tinggal pilih slide yang ingin ditampilkan kemudian tekan tombol Shift+F5.

2. Snap to Grid menggunakan Ruler, Gridlines, dan Guides

Untuk menempatkan semua elemen dalam slide, daripada menggesernya satu per satu kalian bisa menggunakan fungsi Snap to Grid. 

Adapun langkah yang perlu kalian lakukan adalah dengan membuka menu View dan centang opsi Ruler, Gridlines, dan Guides.

Setelah itu kalian dapat melihat ada banyak garis yang bisa membantu penyelarasan dan pemosisian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hacks Ms Power Point yang Bikin Kalian seperti Profesional

3. Menyalin dan menempel objek akan lebih efektif dan efisien dengan menekan tombol CTRL+Shift

Biasanya, untuk menggandakan sebuah objek, kita akan melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL+C kemudian menekan tombol CTRL+V.

Namun, dengan melakukan cara tersebut, objek yang disalin akan tumpang tindih, sehingga kita perlu mengaturnya ke posisi yang sesuai.

Cara lain menyalin dan menempel objek yang bisa kalian coba adalah dengan menekan tombol CTRL+Shift dan tahan tombol mouse pada objek.

Dengan menggerakkan mouse ke samping, atas, atau bawah, salinan objek akan muncul secara otomatis dan sejajar dengan salinan sebelumnya. Untuk mengulangi proses yang sama, kalian hanya perlu tekan tombol CTRL+Y.

4. SmartArt untuk tampilan presentasi yang lebih kreatif

Kalian ingin tampilan presentasi yang lebih menarik tetapi merasa kurang kreatif untuk membuatnya? Ms PowerPoint sudah menyediakan solusinya.

Kalian bisa menggunakan SmartArt untuk memodifikasi bentuk di slide. Caranya, kalian cukup buka Insert > SmartArt > Process. Setelah itu gulirkan menu ke bawah dan pilih opsi Upward Arrow.

Untuk menyisipkan bentuk baru, kalian klik kanan pada bagian yang kosong, kemudian buka opsi Group pada menu dan pilih Ungroup. Lakukan hal ini sebanyak dua kali, lalu tekan CTRL+A untuk memilih semua yang ada di slide.

3 dari 4 halaman

Cantumkan Narasi untuk Presentasi Virtual yang Lebih Menarik

5. Buat narasi presentasi di slide PowerPoint 

Di masa yang segalanya dapat dilakukan secara virtual, tentunya tidak jarang presentasi juga dilakukan secara virtual. Kalian dapat menambahkan suara kalian ke dalam slide presentasi.

Namun untuk melakukannya, kalian memerlukan mikrofon bagus yang terhubung ke perangkat. Untuk menambahkan suara kalian, caranya cukup mudah.

Setelah semua slide telah diisi konten materi yang ingin disampaikan, kalian hanya tinggal menambahkan rekaman audio dengan cara klik Insert kemudian Audio Recording.

Setelah itu ikon speaker akan muncul di slide dan sebuah jendela kecil akan terbuka. Klik OK > Ikon speaker > Playback jika kalian sudah selesai merekam.

Untuk narasi yang dimunculkan secara otomatis, ubah mode Start menjadi Automatically. Pastikan juga semua opsi tidak dicentang. Terakhir, beri centang pada opsi Hide During Show.

Cara ini juga memungkinkan kalian untuk memotong audio dan memilih kapan narasi akan dimulai dan diakhiri.

4 dari 4 halaman

Hacks Ms PowerPoint Buat Kalian yang Membutuhkan Pointer

6. Buat pointer kamu sendiri dengan cara ini

Saat sedang melakukan presentasi, alat penunjuk menjadi salah satu benda yang cukup dibutuhkan untuk mengontrol fokus audiens pada poin yang sedang dibicarakan.

Biasanya kita dapat menggunakan laser pointer. Namun, apabila tidak ada laser pointer, kalian dapat memanfaatkan hacks yang satu ini. Dengan menekan dan menahan tombol CTRL, kemudian klik kiri pada mouse atau trackpad dan tahan, kalian bisa mengubah kursor menjadi sebuah pointer.

Hacks yang satu ini memang tidak bisa dibilang simpel, karena harus memakai keyboard dan mouse atau trackpad secara bersamaan. Namun, ini bisa menjadi alternatif yang berguna apabila memang sangat diperlukan.

Itu dia 6 hacks menggunakan Ms PowerPoint yang bisa kalian coba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.