Sukses

Cek, 7 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan Dalam Memilih Provider Internet

Berikut ini beberapa faktor yang wajib kamu perhatikan apabila mau memilih layanan dari sebuah provider internet

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, baik sebagai sarana produktivitas dan pekerjaan, bisnis, pendidikan, hingga sekadar hiburan.

Untuk itu, penting bagi pengguna memilih provider internet yang cocok untuk menunjang kebutuhannya.

Maka dari itu, mengutip siaran pers Biznet, Kamis (3/8/2023), ada beberapa faktor yang wajib kamu perhatikan, apabila mau memilih provider internet yang sesuai kebutuhan dan dapat diandalkan.

Tips Memilih Provider Internet

Berikut 7 hal yang harus diperhatikan dalam memilih layanan provider internet:

  • Kecepatan download dan upload

Salah satu faktor utama dalam memilih provider internet adalah kecepatan download (unduh) dan upload (unggah).

Kecepatan unduh menentukan seberapa cepat Anda dapat mengakses danmendownload konten dari internet, sementara kecepatan unggah penting untuk mengirim data, mengunggah file, atau berbagi konten secara online.

  • Jenis layanan internet

Penyedia biasanya menawarkan beberapa jenis layanan internet. Sebut saja DSL, kabel, serat optik, dan satelit. Setiap jenis layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Serat optik biasanya dianggap sebagai yang tercepat dan paling andal, tetapi mungkin tidak tersedia di semua lokasi. DSL dan kabel juga menyediakan kecepatan yang layak, sementara satelit lebih cocok untuk wilayah yang sulit dijangkau oleh layanan lainnya.

  • Infrastruktur jaringan

Pastikan cek infrastruktur jaringan dari provider yang kamu pertimbangkan. Provider dengan infrastruktur yang canggih dan mutakhir cenderung menawarkan koneksi yang lebih stabil dan kecepatan yang lebih tinggi.

Cari tahu apakah provider internet tersebut menggunakan teknologi terbaru seperti fiber optik atau jaringan 5G. untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman internet yang terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangkauan dan Bandwidth

  • Area jangkauan

Sebelum memilih provider internet, pastikan layanan mereka tersedia di daerahmu. Beberapa provider mungkin hanya menjangkau wilayah perkotaan tertentu, sementara yang lainnya memiliki cakupan yang lebih luas.

Cek peta cakupan mereka, atau hubungi layanan pelanggan untuk memastikan bahwa kamu dapat memanfaatkan layanan mereka di lokasi tempatmu berada.

  • Bandwidth yang tersedia

Bandwidth merupakan ukuran kapasitas jaringan internet, untuk mentransfer data dalam satu waktu. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, semakin banyak data yang bisa diakses dan dipindahkan secara bersamaan.

Pastikan memilih provider internet yang menawarkan pilihan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan, terutama jika kamu punya banyak perangkat yang terhubung ke jaringan atau melakukan streaming konten berkualitas tinggi.

3 dari 4 halaman

Ulasan Pelanggan dan Uji Coba

  • Cek ulasan pelanggan

Selalu cek ulasan dan testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan layanan internet dari provider yang kamu pertimbangkan.

Ulasan pelanggan dapat memberikan pandangan yang lebih objektif tentang kecepatan, keandalan, dan kualitas layanan dari provider tersebut.

  • Uji coba layanan

Beberapa provider internet menawarkan kesempatan berupa periode uji coba layanan, yang memungkinkan calon pelanggan untuk menguji kecepatan dan kualitas koneksi sebelum sepenuhnya berlangganan.

Dalam periode ini, kamu dapat menjajal kualitas unduh dan unggah, stabilitas koneksi, serta responsivitas tim dukungan pelanggan, yang merupakan faktor krusial dalam memilih provider internet yang tepat.

Berbagai hal di atas pun bisa kamu pertimbangkan, apabila ingin memilih provider untuk menghadirkan layanan internet di tempatmu.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini