Sukses

Plt Menkominfo Mahfud MD Lantik 9 Komisioner KPI dan 5 Dewas LPP TVRI, Dorong Percepatan Transformasi Digital

Plt Menkominfo Mahfud MD melantik sembilan orang Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia dan lima orang Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (Plt Menkominfo) Mahfud MD melantik sembilan orang Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (Komisoner KPI) dan lima orang Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI).

Mahfud mendorong Komisoner KPI Pusat dan Dewan Pengawas LPP TVRI mengemban amanat agar menjadikan penyiaran Indonesia lebih baik.

Menurutnya, pengukuhan ini menandai babak baru dalam komitmen untuk menjunjung tinggi standar integritas, akuntabilitas, dan keunggulan dalam penyelenggaraan penyiaran di Indonesia.

"Indonesia memiliki keunikannya sendiri, baik secara geografis maupun demografis dan kemasyarakatan. Hingga saat ini, Indonesia terus bertransformasi dalam menghadirkan informasi terpercaya yang tidak hanya ada di perkotaan namun juga di pedesaan hingga pulau-pulau terpencil," katanya dalam Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Komisioner KPI dan Dewas TVRI, di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Jumat (23/06/2023).

Kepada Komisioner KPI dan Dewas TVRI, Mahfud menegaskan agenda transformasi digital nasional telah membawa perubahan khususnya di dunia penyiaran.

Mahfud MD menilai masih banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam menghadirkan siaran berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, percepatan transformasi digital harus dijalankan sesuai dengan prinsip inklusivitas, memberdayakan, dan berkelanjutan.

"Inklusivitas baik dari sisi akses dan penyediaan infrastruktur hingga kebermanfaatannya bagi masyarakat luas, memberdayakan dan memberikan nilai tambah serta berkelanjutan dalam jangka panjang," tandasnya, dikutip dari situs resmi Kominfo, Sabtu (24/6/2023).

Plt. Menkominfo meminta Komisioner KPI dan Dewan Pengawas LPP TVRI beserta seluruh lembaga penyiaran publik dan televisi swasta untuk memastikan penyiaran dan media yang sehat, bermutu, dan bertanggung jawab dalam menghadapi pemilu. Terlebih untuk mengambil peran dalam menjaga ruang digital dari berbagai konten hoaks.

"Saya berharap KPI ikut secara aktif melakukan pengawasan terhadap televisi dan radio agar Pemilu 2024 ini berjalan secara jujur, adil, dan independen," ucapya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 9 Komisioner KPI dan 5 Dewas LPP TVRI Baru

Sembilan orang Komisioner KPI yang saja dilantik, antara lain:

  1. Ubaidillah
  2. Mohamad Reza
  3. I Made Sunarsa
  4. Muhamad Hasrul Hasan
  5. Tulus Santoso
  6. Amin Shabana
  7. Evri Rizqi Monarshi
  8. Mimah Susanti
  9. Aliyah

Adapun lima orang Dewan Pengawas LPP TVRI yang juga dilantik yaitu:

  1. Agnes Irwanti
  2. Agus Sudibyo
  3. Danang Sangga Buwana
  4. Hardly Stefano Fenelon Pariela
  5. Sifak
3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini