Sukses

7 Tips Mudah Agar Video TikTok Kamu Dapat Banyak Views

Terdapat beberapa hal yang perlu pengguna pelajari untuk dapat menarik lebih banyak audiens yang berinteraksi dengan video TikTok mereka, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendapatkan lebih banyak penonton, mengunggah konten di TikTok atau media sosial lainnya secara teratur saja tidak cukup.

Masih ada beberapa hal yang perlu pengguna pelajari setelah menggunggah video untuk dapat menarik lebih banyak audiens yang berinteraksi dengan konten pengguna. 

Pada aplikasi TikTok, penayangan atau views dihitung sesaat setelah video diputar. TikTok juga mencatat berapa kali video diputar, baik secara otomatis maupun ketika video dibuka lagi oleh pengguna yang sama. 

Mengamati jumlah views pada video TikTok penting untuk merancang perencanaan konten berkualitas yang sesuai dengan minat dan kesukaan penonton. 

Tidak hanya itu, mengevaluasi ulang video yang tidak mendapatkan banyak views juga dapat membantu pengguna menghindari pemborosan sumber daya untuk strategi yang tidak berhasil.

Dihimpun dari Vista Social, Senin (27/02/2023) terdapat beberapa kiat yang dapat pengguna lakukan untuk mendapatkan jumlah views yang lebih banyak pada video yang telah diunggah di TikTok.

Langkah berikut ini dapat membantu pengguna mengawali perjalanan sebagai content creator di TikTok. Cek caranya di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Dapat Lebih Banyak Views pada Video TikTok

 

1. Berinteraksi dengan Video yang Sedang Tren di TikTok

Dengan menulis komentar di video yang sedang tren di TikTok, pengguna dapat menerima eksposur yang lebih luas untuk akun pengguna. 

2. Unggah Ulang Video dengan Lebih Banyak Tagar

Jika pengguna lupa memasukkan tagar pada bagian caption video, pengguna disarankan untuk mengunggah atau upload ulang video tersebut.

TikTok juga dapat memberikan pengguna daftar saran hashtag yang bisa digunakan dengan mengetikkan salah satu tagar terlebih dahulu, lalu tagar lainnya akan muncul setelahnya.

3. Upload Ulang Postingan di Waktu yang Tepat

Terkadang, video TikTok pengguna tidak mendapatkan banyak views karena diunggah pada waktu yang kurang tepat. Maka, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengunggah ulang video tersebut pada jam yang memungkinkan video pengguna masuk FYP alias "For You Page".

Jadwal unggah video TikTok agar FYP:

  • Senin: 06.00-22.00 WIB
  • Selasa: 02:00-16:00 WIB
  • Rabu: 07.00-20.00 WIB
  • Kamis: 12.00-19.00 WIB
  • Jumat: 13:00-15:00 WIB
3 dari 4 halaman

4. Gunakan Fitur Promote di TikTok

Untuk memulai promosi konten di TikTok, pengguna perlu membeli koin terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasi akan memandu pengguna untuk menjalani seluruh proses konfigurasi, mulai dari menentukan sasaran hingga durasi promosi.

5. Bagikan Unggahan ke Platform Media Sosial Lainnya

Meskipun video yang telah diunggah tidak dapat diedit, pengguna dapat membagikannya ke platform media sosial lainnya, seperti Instagram, YouTube, dan Facebook untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

6. Sebutkan Video TikTok Lama pada Unggahan Baru

Menyebutkan konten lama pengguna pada video baru akan mendorong audiens untuk melihatnya. Cara ini dapat dilakukan untuk mempublikasikan video lanjutan yang berisi pembaruan di posting-an lama.

7. Buat Pilar Konten di TikTok

Rencanakan pilar konten TikTok yang melibatkan rangkaian beberapa video untuk mendorong audiens menonton lebih banyak konten pengguna.

Mulailah dengan video yang membahas suatu topik yang menjadi masalah utama. Kemudian, video lanjutannya akan lebih fokus dan detail, harus membicarakan sub topik yang relevan.

4 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Konten TikTok Tidak Mendapatkan Banyak Views

Terdapat beberapa kesalahan atau kekurangan dalam memposting video sehingga memengaruhi kinerja video TikTok pengguna secara negatif, yakni:

  • Mem-posting video tanpa jadwal yang strategis,
  • Tidak mengunggah video berkualitas yang sesuai dengan kesukaan audiens sasaran,
  • Mengunggah video TikTok yang melanggar Community Guidelines,
  • Terlalu sering menggunakan TikTok untuk mengunggah konten promosi.

Perlu diingat, untuk menarik audiens yang besar diperlukan strategi yang baik dan konsisten. Langkah-langkah di atas dapat membantu pengguna untuk merencanakan strategi konten yang lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.